Saturday, May 25, 2019

Donat dan Kesehatan Anak

Faniujangherbal.blogspot.com - Tidak hanya anak, banyak orang dewasa yang juga suka makan donat. Dengan rasanya yang enak, teksturnya yang empuk juga sedikit kenyal di tambah lagi aneka toping yang menggoda selera, menjadikan siapapun tidak bisa dengan mudah menolaknya.




Namun sayangnya, para ibu harus sedikit waspada, karena donat penuh dengan lemak dan tentunya juga gula.

Meski anak memang perlu lemak, tetapi tidak semua lemak sama. Ada lemak yang baik dan ada juga lemak yang jahat. Untuk kesehatannya American Heart Association menyarankan Anda untuk memberi anak lemak yang baik dan sebisa mungkin hindar memberi anak lemak yang jahat.

Lemak tidak jenuh termasuk lemak yang baik. Adapun anak bisa memperoleh lemak tak jenuh dari salmon, ikan kembung, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak canola, minyak zaitun, dan alpukat. Mereka juga perlu mendapat lemak jenuh misalnya dari minyak kelapa, keju, potongan daging berlemak, margarin, dan mentega. Jumlahnya tetap perlu dibatasi.

Sedangkan lemak trans adalah lemak jahat dan dapat merugikan kesehatannya. Lemak trans ada pada makanan kemasan dan makanan cepat saji yang di goreng, termasuk donat!

Sama halnya dengan gula, meski dibutuh,kan oleh tubuh, namun ada batasnya. Organisasi kesehatan dunia (WHO) merekomendasikan bahwa orang dewasa sebaiknya megonsumsi tidak lebih dari 10% dari total asupan kalori harian mereka dalam bentuk pengurangan hingga 6 sendok teh bila memungkinkan.

Adapun batas yang direkomendasikan untuk anak-anak lebih rendah lagi, yaitu sekitar 3 sampai empat sendok teh perharinya. Untuk itu, bisa dibayangkan jika anak makan sepotong donat yang telah mengandung setidaknya 2 sendok teh? Tentu tidak mungkin bukan, jika ia hanya makan sepotong donat itu saja dalam sehari?

Dengan kandungan lemak, gula dan kalori sebesar itu, donat justru tidak memiliki vitamin dan mineral yang juga dibutuhkan tubuh. Artinya, kandungan​ nutrisi​ donat tidak seimbang sehinggak tidak membawa manfaat bahkan dapat merugikan kesehatan anak.

Untuk itu, bila anak mengonsumsi donat berlebihan, maka kalori, lemak dan gula yang masuk ke tubuhnya juga berlebihan.Hal ini dapat mengakibatkan gangguan kesehatan. Seperti kolestrol, obesitas, hingga penyakit jantung pada anak.

Jika tidak tega melarang anak makan donat, pikirkan lagi dampak kesehatan yang mungkin menimpanya. Jadi, pastikan anak tidak makan donat terlalu sering atau berlebihan ya. Berikan sekali-kali saja bila anak memang ingin mencobanya.

No comments:

Post a Comment