Friday, May 17, 2019

Makan Sehat Saat Lebaran

Faniujangherbal.blogspot.com - Datangnya hari raya idul fitri atau yang biasa disebut lebaran merupakan saat-saat paling di tunggu oleh umat muslim. Bagaimana tidak, setelah sebulan penuh menjalankan lelahnya puasa akhirnya hari kemenangan pun datang tak hanya itu keluargapun kumpul bersama untuk merayakan lebaran. Lebaran kayaknya gak apdol jika tidak ada makanan. Namun bagi yang sedang menjaga kesehatan, bagaimana caranya untuk makan sehat saat lebaran? yuk ikuti caranya dibawah!




1) Jaga Porsi makan


Menjaga porsi makan merupakan cara agar tetap makan sehat saat lebaran. Kenapa bisa begitu? karena ketika berpuasa tubuh menjalani proses detoksifikasi (pembuangan racun) dan selesai puasa tubuh juga memerlukan beradaptasi kembali. Dengan makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang bisa menjaga porsi makan sehat.

2) Tambahkan sayuran dan buah kedalam menu lebaran


Ciri khas makanan waktu lebaran adalah rendang, ketupat, gulai kambing, opor dan makanan lainnya adalah makanan yang tinggi akan lemak. Jadi tambahkan sayuran dan buah-buahan kedalam menu lebaran seperti roti gandum, sayur mayur, potongan buah dan lain-lain agar bisa menjaga makan sehat. Bukan berarti tidak boleh memakan makanan yang tinggi lemak itu tetapi makan saja secukupnya dan jangan berlebihan.

3) Mengurangi makanan yang manis-manis 


Makanan yang manis-manis seperti kue, coklat, dan bolu memang hidangan yang sangat digemari saat lebaran datang, namun semua orang tahu kalau mengonsumsi makanan yang manis-manis memang tidak baik bagi kesehatan tubuh untuk itu kurangi makanan yang manis-manis.

4) Kurangi minuman yang manis atau soda


Saat lebaran bukan tidak boleh mengonsumsi minuman yang manis atau soda minum secukupnya jangan sampai berlebihan, lebih baik diganti dengan air putih saja yang sudah terjamin manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

5) Waktu makan perlu diperhatikan


Memperhatikan waktu makan merupakan salah satu cara yang bisa Anda terapkan jika ingin tetap sehat saat Lebaran. Menahan diri agar tidak terus mengambil makanan yang tersedia dan makan setiap satu jam sekali misalnya. Hal tersebut memiliki dampak baik terhadap kesehatan dan berat tubuh.

Itulah beberapa cara agar makan-makanan sehat saat lebaran. Jika cara itu dilakukan, insha allah bisa menjaga kesehatan tubuh bagi kalian semua. Jadi sudah siap lebaran dengan tubuh yang sehat!

No comments:

Post a Comment