Wednesday, May 29, 2019

Langkah Mengatasi Masalah Selama Menyusui

Selamat datang di faniujangherbal.blogspot.com situs penyedia beragam informasi kesehatan yang akan menarik untuk Anda simak. Adapun di kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai langkah mengatasi masalah selama menyusui. Berikut ulasannya.

Begini Langkah Mengatasi Masalah Selama Menyusui




Bunda perlu mengenali penyebab dari masalah selama menyusui, sebab hal ini bisa menjadi langkah awal untuk bisa menemukan solusinya. NAh, berikut adalah sejumlah masalah selama menyusui, penyebab dan langkah mengatasinya.

Bayi tidak mau minum susu


Melakukan usaha seperti skin to skin bisa membantu bayi agar mau menyusui langsung.

Nyeri pada puting


Biasanya wanita yang menyusui mengalami rasa perih, puting yang memerah dan runcing. Keadaan ini terjadi karena bayi tidak menempel dengan benar. Saat menyusui seharusnya puting ada di bagian belakang mulut sehingga tidak menyebabkan cubitan dan nyeri pada puting. Adapun solusi yang bisa dilakukan ialah dengan melepaskan terlebih dahulu posisi menyusui yang tidak tepat dan menempelkannya kembali. Hal lain yang bisa membantu Anda adalah dengan menghindari penggunaan sabun pada payudara. Sebab bisa mengeringkan dan menyebabkan iritasi. Penggunaan krim khusus pada puting agar tetap lembab bisa membantu untuk meredakan nyeri.

Infeksi pada puting


Kadang kala nyeri bisa muncul meskipun bayi telah menyusui dengan posisi yang benar. Rasa nyeri bisa menimbulkan benjolan di payudara atau infeksi. DEngan keadaan ini, menyusui tetap bisa dilanjutkan. Namun apabila rasa sakit berasal dari saluran susu yang tersumbat, maka mengompres payudara dengan kompres panas selama 10 menit 3x sehari dan memijat payudara ketika mandi dengan air hangat bisa membantu meredakan. Tetapi, jika keadaan memburuk maka berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

Pembengkakan payudara


Pembengkakan dipayudara merupakan kondisi yang normal dan berkembang saat ASI terdapat dalam payudara. ASI yang masuk dalam payudara juga mengandung cairan getah bening dan darah yang menyebabkan pembengkakan pada jaringan di payudara. Jaringan yang membengkak bisa menekan saluran ASI sehingga terkadang bisa menutup. Saat ASI tidak bisa dikeluarkan maka akan menumpuk di dalam payudara dan terjadi pembengkakan. Adapun solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mengompres dingin pada payudara selama sekitar 20 menit. Namun, kompres hangat saat akan memberikan ASI pada bayi. Tetaplah menyusui agar pembengkakan bisa mereda karena keluarnya ASI.

Jumlah ASI tidak cukup


Saat pertama kali menyusui, biasanya seorang ibu akan khawatir apabila bayinya tidak mendapatkan cukup ASI Memberikan ASI di setiap jadwal dan memberikan payudara yang berbeda disetiap sesinya. Memberikan ASI dengan rutin bisa merangsang pembentukan ASI.

Radang payudara


Peradangan payudara atau sering dikenal mastitis terjadi saat saluran susu yang tersumbat tidak hilang. Keadaan ini akan menyebabkan gejala pada payudara seperti terasa panas, nyeri dan merasa tidak sehat dengan gejala mirip flu. Tetaplah menyusuiagar saluran susu tidak tersumbat. Apabila merasa bertambah buruk maka disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sekian pembahasan mengenai langkah mengatasi masalah selama menyusui. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment