Thursday, May 30, 2019

Bolehkah Berenang Saat Menstruasi?




Faniujangherbal.blogspot.com - Ketika mengalami menstruasi, terkadang ada rasa yang tidak nyaman dan khawatir mengalami bocor pada pembalut. Begitu juga ketika berolahraga terutama renang, pasti sering merasa takut bocor ketika di dalam kolam renang.

Adapun berbeda dengan wanita diluar negeri kebanyakan perempuan atau atlet renang mengenakan tampon yang merupakan penyerap darah menstruasi dan di masukkan ke vagina, sehingga tidak masalah jika berenang di saat menstruasi. Tetapi, tampon masih sangat tabu di Indonesia, sebab penggunaannya yang dimasukkan ke dalam vagina apalagi pada perempuan yang belum menikah.

Dalam dunia kedokteran, sebenarnya tidak ada larangan untuk renang di saat menstruasi datang. Menurut dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K), berenang ketika menstruasi tidak masalah dengan pengecualian, aliran darah menstruasi tidak dalam keadaan deras.

dr. Dwiana juga menambahkan memang lebih baik kalau berenang saat menstruasi kita sedang deras. Tapi kalau tinggal sedikit, tidak berceceran, kita jadi tidak perlu khawatir.

Adapun berenang saat menstruasi sedang deras, selain khawatir darah bocor ke kolam renang, terkena infeksi karena air kolam renang juga menjadi kecemasan. Hal ini wajar saja, karena kolam renang silih berganti dimasuki oleh banyak orang. Meski sebenarnya tidak benar jika kolam renang bisa menimbulkan infeksi. Air di kolam renang sudah mengandung klorin yang dapat melawan kuman.

Nah, itulah pembahasan mengenai berenang saat menstruasi. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment