Thursday, May 23, 2019

Ketahui 10 Tanda Penyakit Kanker

Tanda-tanda Kanker - Faniujangherbal.blogspot.com - Kanker merupakan penyakit yang ditakuti oleh banyak orang. Meski mengancam jiwa, namun sebenarnya dapat diobati apabila keberadaannya dideteksi secara dini, ketika sel kanker belum menyebar.




Dalam mengetahui gejala atau tanda kanker memang tidak mudah. Sebab, kanker tidak mempunyai gejala khusus yang menandakan kemunculannya. Tanda dari kanker akan bergantung pada lokasi kanker, ukurannya, serta seberapa besar mempengaruhi organ dan jaringan di dekatnya.

Adapun tanda dan gejala kanker akan cenderung dialami di berbagai bagain tubuh jika sel-sel kanker telah menyebar. Berikut merupakan 10 tanda kanker yang paling sering di abaikan berdasarkan laporan NDTV.

1. Penurunan berat badan yang tiba-tiba


Saat terjadi penurunan berat badan dengan tiba-tiba tanpa sebab dan atanpa melakukan program diet, dapat menjadi salah satu tanda penyakit kanker. Berdasarkan American Cancer Society, keadaan ini dapat terjadi pada penderita kanker pankreas, kanker lambung, kanker kerongkongan, atau kanker paru-paru.

2. Luka yang tidak sembuh-sembuh


Mengalami luka yang tak kunjung sembuh dapat menjadi tanda kanker kulit. Sementara luka yang berlangsung lama dimulut bisa menjadi tanda kanker mulut. Adapun jika luka di area genital biasanya merupakan tanda infeksi atau tanda awal dari kanker di daerah kemaluan.

3. Mudah lelah


Lelah karena aktivitas tertentu adalah hal yang wajar. Akan tetapi, jika merasa lelah meskipun sudah cukup tidur dan beristirahat, bisa jadi itu merupakan tanda kanker. Adapun kanker yang cenderung menyebabkan kelelahan ialah kanker usus besar, kanker leukimia, dan kanker perut.

4. Batuk kronis dan suara serak


Apabila kamu mengalami batuk terus-menerus selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan, ini mungkin merupakan tanda kanker paru-paru. Sementara suara serak di tenggorokan bisa menjadi tanda kanker laring atau kelenjar tiroid.

5. Nyeri


Kanker testis dan tulang cenderung menyebabkan rasa sakit. Adapun rasa nyeri atau sakit kepala terus-menerus yang tak kunjung sembuh juga dapat merupakan gejala tumor otak.

6. Sering demam


Sering mengalami demam dapat menjadi tanda kanker leukimia dan limfoma. Teorinya, kanker bisa menyebabkan infeksi dan menyulitkan tubuh untuk melawan infeksi yang menyebabkan demam.

7. Perubahan Kulit


Jika Anda mempunyai tahi lalat atau bintik yang berubah warna atau ukurannya semakin membesar, itu kemungkinan gejala dari melanoma atau kanker kulit lainnya. Umumnya juga ditandai dengan kulit gelap menjadi kekuningan, mata dan kulit memerah, gatal atau pertumbuhan rambut yang berlebihan.

8. Adanya benjolan


Kanker testis, kanker payudara, dan kanker kelenjar getah bening akan menyebabkan benjolan yang dapat dirasakan dikulit. Selain dari benjolan, tanda kanker payudara juga dapat dilihat dari warna kulit yang memerah dan menebal.

9. Kesulitan buang air


Jika kamu mengalami sembelit terus-menerus, perubahan ukuran tinja, dan juga diare, ini merupakan gejala kanker usus besar atau kanker usus. Selain itu, bila kamu merasa sulit buang air kecil terus menerus atau menemukan ada darah di dalam urine atau air mani maka itu bisa menjadi tanda kanker prostat.

10. Pendarahan yang tidak biasa


Darah dalam tinja atau warna tinja yang menjadi gelap dapat menandakan kanker usus besar. Pendarahan yang tidak normal pada vagina bisa menyebabkan kanker endometrium atau serviks. Pendarahan pada urine dapat menjadi salah satu tanda kanker ginjal. Adapun darah pada batuk dapat menjadi tanda kanker paru-paru.

Sekian pembahasan mengenai tanda-tanda penyakit kanker yang perlu Anda ketahui. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment