Thursday, May 16, 2019

Tips Aman untuk Mata Menggunakan Al-Quran Digital



Faniujangherbal.blogspot.com - Zaman sekarang teknologi sudah semakin canggih dan serba mudah, dan banyak orang yang lebih membaca Al-Quran dalam bentuk digital dari pada berupa cetak, mungkin karena alasan agar praktis gak ribet atau alasan lainnya.

Namun membaca Al-Quran dalam bentuk digital pastinya melalui smartphone atau perangkat lainnya, hal itulah yang mengacu kesehatan mata kita. Bukan untuk membaca Al-Quran saja tetapi juga segala aktivitas lainnya seperti main game, browsing dan yang lain. Untuk itu cobalah untuk menjaganya dengan memperhatikan cara mudah seperti berikut

1)  Brightness atau kecerahan layar 


Cobalah untuk mengatur Brightness atau kecerahan layar secara pas nyaman dimata, jangan terlalu redup dan jangan terlalu terang. Hal ini yang biasa memicu kesehatan mata.

2) Jarak dan arah


Ini juga tak kalah pentingnya untuk menjaga mata ketika didepan layar. Jarak normal yang aman adalah sekitar 30 cm. Dan yang dimaksud arah adalah objek bacaan harus tegak lurus  dengan mata.

3) Durasi 


Lamanya membaca atau durasi setiap orang berbeda. Misalnya kepada balita yang bisa membaca maksimal 1/2 jam, untuk remaja maksimal 1-1,1/2 jam dan untuk dewasa maksimal 2-2,1/2 jam. 

4) break


ketika bermain atau membaca gadget perlu adanya break (istirahat) yang cukup agar tidak terjadi adanya over accomodasi atau lensa mata yang cembung terus-menerus.

Computerize vision syndroom (CVS), yaitu kondisi yang dihasilkan dari pemfokusan mata pada layar handphone atau perangkat lain dalam waktu yang lama. Pada kondisi ini otot-otot mata dianggap mengalami ketegangan yang pada akhirnya akan mengalami kelelahan jika terlalu lama menatap layar.

Itulah tips aman untuk mata dalam menggunakan Al-Qur'an digital.  Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kesehatan mata Anda.

No comments:

Post a Comment