Thursday, May 16, 2019

Maanfat Istinsyaq (Menghirup Air ke Rongga Hidung) Saat Berwudhu




faniujangherbal.blogspot.com - Bagi umat islam berwudhu merupakan wajib hukumnya dilakukan sebelum shalat. Ketika berwudhu ada tatacara tertentu dan ada juga sunah yang dianjurkan misalnya istinsyaq. Intisyaq adalah menghirup air kedalam rongga hidung. Baginda Rasulullah juga menganjurkan istinsyaq pasti ada maksud dan tujuan tertentu. 

Jika dibahas dalam dunia kesehatan, istinsyaq dengan nasal irrigation tidak jauh berbeda yaitu mencuci rongga hidung dari segala macam kotoran yang berada atau bersarang didalamnya, kotoran yang dimaksud adalah mulai dari debu hingga bakteri.

Ilmu kesehatan juga beranggapan jika ingin dilakukan harus sampai kebelakang, karena hal itu bisa membantu mencuci semua kuman-kuman atau alergi seperi debu dan bakteri yang berada di dalam rongga hidung. Jadi kalau beristinsyaq baik dilakukan kenapa enggak.

Bayangkan apabila dalam sehari kita menunaikan sholat 5 waktu dan dalam setiap berwudhu kita beristinsyaq sebanyak 3 kali, maka cukup dalam 1 hari saja kita sudah membersihkan rongga hidung sebanyak 15 kali dari kuman, bakteri dan bakteri dari dalam rongga hidung. Itu hanya sholat 5 waktu saja coba kalau di tambah shalat sunah dan menghilangkan emosi dengan berwudhu rongga hidung akan bersih selalu dan kesehatan akan terjaga.

Kesimpulannya beristinsyaq bisa menjaga kesehatan dan kebersihan rongga hidung dan terhindar dari berbagai penyakit yang bisa menyerang saluran pernapasan semacam influenza, infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) dan penyakit lainnya. 

Pantas saja nabi besar Muhammad SAW menganjurkan dan mensunahkan kita beristinsyaq ternyata besar manfaatnya bagi kita. subhanallah, Sungguh besar kebaikan yang beliau berikan dan ajarkan untuk umatnya. Semoga kita di beri syafaat oleh Rosulullah SAW, amin.
Semoga informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment