Monday, May 20, 2019

Kapan Waktu Tepat Anak Belajar Puasa?



Faniujangherbal.blogspot.com - Kapankah waktu tepat bagi buah hati untuk memulai belajar berpuasa? Tidak ada ilmu yang pasti mengenai hal itu.

Ada orang tua yang ingin anaknya belajar puasa sedini mungkin, tetapi tak sedikit juga yang takut dan kasihan jika anaknya belajar puasa di usia dini karena memiliki kekhawatiran dengan pertumbuhannya.

Nah, berikut ini merupakan beberapa hal yang bisa membantu Ayah dan Bunda mempertimbangkan kapan sebaiknya buah hati Anda mulai belajar berpuasa.

Saat Buah Hati Sudah Siap


Siap yang dimaksud ini adalah bahwa ia telah siap secara fisik yaitu sehat dan tidak sedang sakit, serta siap psikis dimana buah hati telah menunjukkan minat dan keinginan untuk mencoba berpuasa mengikuti teladan Ayah dan Bunda.

Mengikuti Ketentuan Agama


Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa seorang anak tidak wajib berpuasa sampai ia balig atau cukup umur. Biasanya seorang anak baru balig di sekitar usia 10-13 tahun.

Namun begitu, ada baiknya jika anak belajar puasa jauh sebelumnya, karena dengan begitu ia telah terbiasa dan paham dengan baik makna dan pentingnya berpuasa ramadhan ketika waktunya tiba.

Berpatokan Pada Usia


Kisaran usia yang cocok bagi anak untuk belajar berpuasa ialah usia 5-6 tahun, yaitu bersamaan dengan usia anak mulai sekolah. Di usia ini, diharapkan ia telah menunjukan 10 tanda siap sekolah dari Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia.

Sejumlah di antaranya adalah sehat secara fisik, mengenali konsep dasar, mempunyai minat belajar dan mampu mengendalikan emosi.

Itulah pembahasan informasi mengenai waktu tepat anak belajar berpuasa. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment