Monday, May 20, 2019

Dampak Puasa Saat Menyusui Bagi Bayi

Faniujangherbal.blogspot.com - Di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini, tentu seluruh umat Muslim pun berlomba-lomba mendapatkan keberkahan dengan berpuasa, termasuk ibu yang menyusui. Dalam menjalankan puasa ketika menyusui memang tidak dilarang, akan tetapi Anda diharuskan untuk tetap memperhatikan sejumlah hal, yakni seperti usia anak dan kondisi tubuh ibu.





Ada hal yang penting dan wajib Anda pertimbangkan ialah usia bayi, sebelum Anda memutuskan berpuasa. Seperti yang telah diketahui, bayi di bawah 6 bulan kebutuhan ASI-nya masih sangat tinggi. Adapun mereka masih dalam periode ASI eksklusif dan tidak mengonsumsi makanan lain.

Tidak hanya itu, keadaan tubuh ibu yang sehat juga harus menjadi pertimbangan. Apabila saat berpuasa ibu merasa lemas, pandangan berkunang-kunang jangan paksakan diri untuk berpuasa.

Apakah Kondisi ASI Ikut Terpengaruh?

Faktanya, kandungan ASI ibu menyesuaikan dengan perkembangan anak setiap harinya. Apabila Anda berpuasa akan muncul pertanyaan, apakah bayi cukup mendapatkan asupan nutrisi di hari tersebut?

Pada sejumlah penelitian yang dilakukan, menjalankan puasa dalam jangka waktu tertentu tidak mengurangi produksi ASI. Meski demikian kandungan gizi di dalam ASI sedikit berubah.

Perubahan kandungan pada ASI ini, bukan berarti terjadi perubahan kualitas dari ASI. Air susu yang dihasilkan ibu yang berpuasa tetap diproduksi dengan kandungan gizi terbaik untuk anak sebab menyesuaikan metabolisme tubuh ibu.

Apabila ibu mengalami penurunan berat badan ketika berpuasa, hal ini akan mempengaruhi kkandungan lemak di dalam ASI. Meski demikian tidak memengaruhi jumlah produksi ASI. Dengan begitu, berat badan bayi belum tentu akan turun juga.

Gangguan di tubuh ibu yang perlu dikhawatirkan adalah dehidrasi dan berkurangnya asupan kalsium, jika Anda tidak menyesuaikan kebutuhan saat sahur dan berbuka. Bayi akan menyerap kandungan nutrisi dan juga cairan di dalam tubuh ibu melalui ASI dengan jumlah yang sama seperti sebelum berpuasa.

Jadi, jika ibu tidak cukup memenuhi nutrisinya, tubuh akan mencari sumber lain di dalam tubuh yang memiliki nutrien tersebut.

Tips Puasa Lancar Ketika Menyusui

  1. Konsumsi makanan bergizi ketika sahur dan berbuka puasa
  2. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh
  3. Istirahat yang cukup


Nah, itulah pembahasan mengenai dampak puasa saat menyusui bagi bayi. Anda juga bisa berkonsultasi terlabih dahulu kepada dokter sebelum memutuskan untuk puasa saat menyusui. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment