Wednesday, May 22, 2019

Kulit Sayuran & Kulit Buah yang Memiliki Manfaat

Faniujangherbal.blogspot.com - Kulit buah maupun sayuran sering kita buang karena tidak tahu akan manfaat yang ada didalamnya. Namun ternyata, ada beberapa kulit sayur dan buah yang memiliki manfaat baik bagi kesehatan tubuh kita lho! Jenis kulit sayuran dan buah apa yang sebaiknya tidak kita buang?
 
 
 
Dibawah ini merupakan jenis kulit sayuran dan kulit buah yang memiliki manfaat, ialah:
 

Bawang Putih

 
Pada kulit bawang putih ternyata memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Salah penelitian di Wakunaga Pharmaceutical, Jepang menemukan bukti bahwa kulit bawang putih mempunyai kandungan antioksidan berjenis fenilpropanoid yang dapat memberikan perlindungan untuk jantung dan mencegah penuaan dini.
 

Kiwi

 
Kulit buah kiwi mengandung flavonoid tinggi yang dapat mencegah peradangan, kanker dan alergi. Juga kandungan oksidannya yang akan membantu mencegah paparan bakteri penyebab munculnya gangguan pencernaan.
 

Semangka

 
Kandungan asam amino berjenis citrulline pada kulit semangka mampu membantu melebarkan pembuluh darah. Hal tersebut juga akan membantu menurunkan tekanan darah sekaligus memperlancar sirkulasi darah. Kondisinya akan membuat jantng serta pembuluh darah menjadi semakin sehat.
 

Jeruk

 
"Kandungan antioksidan berjenis flavonoid yang sangat tinggi pada kulit jeruk dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjaga kadar kolesterol baik di dalam darah. Keberadaan antioksidan tersebut dapat melawan paparan buruk terhadap radikal bebas yang mampu menyebabkan penyakit," berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry.

Menurut penelitiannya juga menyatakan bahwa makan kulit jeruk dapat memberikan manfaat 20 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan makan jus jeruk. Apabila tidak terbiasa memakan kulit jeruk, sebaiknya memakan daging buahnya tanpa menghilangkan serabutnya.
 

Pisang

 
Para peneliti dari Chung Shan Medical University, Taiwan meneliti dan membuktikan bahwa kulit pisang sebenarnya mempunyai manfaat yang tinggi untuk kesehatan. Drai penelitiantersebut menghasilkan fakta bahwa ekstrak kulit pisang dapat mengatasi depresi dan membantu produksi hormon yang mampu mengatasi stres, yang memberikan pengaruh besar bagi tekanan darah tubuh. Kandungan lutein dalam kulit pisang yang dapat menyehatkan retina, kandungan antioksidan seperti karotenoid dapat menurunkan risiko terkena katarak, sebuah masalah kesehatan mata yang banyak menyerang masyarakat di Indonesia.

Dalam penelitian ini juga menjelaskan fakta bahwa dengan  menjadikan kulit pisang sebagai campuran jus buah pisang maupun minum air rebusan daun pisang yang diolah selama 10 menit akan memberikan banyak manfaat kesehatan.
 

Nanas

 
Sensasi rasa asam, manis dan menyegarkan dimiliki buah nanas yang juga memiliki kulit yang tinggi akan nutrisi. Misalnya kandungan vitamin C, enzim bromelain dan serat yang terdapat pada buah nanas. Dari enzim bromelain dapat membantu tubuh mencerna protein dan bersifat anti peradangan sehingga akan membantu tubuh mengatasi masalah demam, asam urat, dan radang sendi. Dengan mengonsumsi kulit nanas dapat membantu mengatasi pencernaan dan maslah perut kembung.
 
Nah, mulai sekarang harus lebih diperhatikan lagi mana kulit buah atau sayuran apa yang dapat memberikan manfaat terhadap tubuh kita! Semoga informasi ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment