Thursday, May 30, 2019

Manfaat Okra Untuk Kesehatan

Faniujangherbal.blogspot.com - Tahukah kamu, Walaupun ketika dimasak umumnya okra akan mengeluarkan lendir, ternyata ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari okra.




Berikut ini manfaat sehat dari okra, di antaranya:

1. Membantu me-manage diabetes


Serat larut yang terdapat pada okra ialah dapat membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil. Sehingga okra dapat membantu me- manage diabetes.

Berdasarkan penelitian dari jurnal ISRN Pharmaceutics, para peneliti merendam irisan okra dalam air yang selanjutnya air tersebut diberikan kepada tikus. Adapun tikus yang mendapat air irisan okra ternyata mengalami penurunan kadar gula. Sehingga mendapat kesimpulan bahwa okra dapat membantu mengurangi tingkat penyerapan glukosa.

Dikutip dari NDTV, indeks glikemik okra juga cukup rendah, sehingga memiliki efek minimal pada peningkatan glukosa darah. Bahkan menurut American Diabetes Association, sayuran non-stachy seperti okra memiliki indeks glikemik rendah yang menjadikannya bisa dinikmati secara bebas oleh pasien diabetes dan orang-orang yang memperhatikan berat badannya.

2. Meningkatkan imunitas


Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi di dalam okra dapat meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C ini akan menstimulasi sistem imun untuk memproduksi sel darah putih yang bisa membantu tubuh memerangi patogen dan bahan asing berbahaya lainnya di dalam tubuh.

3. Mencegah penyakit ginjal


Terdapat studi yang diterbitkan dalam jilid Medical Journal di tahun 2015, menemukan pasien yang makan okra secara teratur bisa membantu mencegah penyakit ginjal. Terlebih pada orang yang telah mempunyai sakit diabetes. Hal ini dikarenakan hampir setengah kasus orang dengan penyakit ginjal merupakan perkembangan dari diabetes.

4. Mendukung kehamilan yang sehat


Untuk seorang wanita yang sedang hamil, sangat disarankan mengkonsumsi okra. Pasalnya okra mengandung tinggi vitamin A, B1, B2, B6, dan vitamin C, zinc, dan juga kalsium yang baik bagi ibu hamil.

Tidak hanya itu, asam folat pada okra juga bagus untuk perkembangan janin yang berguna untuk mencegah cacat lahir. Kandungan seratnya juga dapat membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil.

5. Menurunkan kolestrol


Okra mengandung serat tinggi yang juga baik untuk menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh. Serat larut pada okra mampu mengikat kolestrol dari makanan lain sehingga bisa dikeluarkan bersama dengan kotoran tubuh. 

dr Paulina Toding, SpGK dari RS Royal Progress juga mengungkapkan bahwa serat pada okra bisa membantu konstipasi. Selain itu, dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama jadi pas banget  untuk mereka yang sedang diet menurunkan berat badan.

Beliau juga menambahkan bahwa Serat (pada okra) juga dapat membantu mengatur kadar kolesterol dan gula darah, meski ini masih perlu penilitian lebih lanjut.

Demikianlah sejumlah manfaat okra untuk kesehatan tubuh. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment