Friday, May 24, 2019

Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan

Faniujangherbal.blogspot.com - Mempunyai tekstur yang renyah, tumbuhan laut ini kerap diolah dan di santap sebagai makanan pendamping. Umumnya sering di santap sebagai salad, asinan, atau bahkan sebagai kudapan sesuah dikeringkan.

Istimewanya bahkan dengan rasanya yang cenderung hambar, menjadikannya dapat dikombinasikan dengan bahan makanan manis untuk di olah menjadi sajian segar seperti es rumput laut. Selain nikmat, ternyata rumput laut juga mempunyai segudang manfaat.

Nah, kira-kira apa saja yah manfaat ganggang hijau ini bagi kesehatan? Silahkan simak ulasan lengkapnya.

Inilah Manfaat Rumput Laut Bagi Kesehatan





Dilansir dari Organic Facts, berikut ini sejumlah manfaat dari rumput laut;

1. Sumber Yodium


Berasal dari lautan, ganggang hijau ini tentunya menyerap banayak yodium yang ada pada air laut. Dengan begitu, rumput laut ini mempunyai kandungan yodium yang cukup tinggi, yang bisa menjaga fungsi kelenjar tiroid dan mencegah berbagai penyakit.

2. Detoks Tubuh


Rumput laut mempunyai kemampuan untuk mendetoks dan membersihkan tubuh. Kandungan alginat di dalamnya bisa mengikat berbagai bahan beracun dan logam berat seperti timbal, merkuri dan polutan lainnya dan membuatnya larut melalui sistem ekskresi tubuh.

3. Mencegah Obesitas


Rumput laut mengandung fukoxanthin yang mampu mengurangi akumulasi lemak dalam tubuh serta dapat membantu menurunkan berat badan. Bahkan rumput laut kerap digunakan juga sebagai bahan dasar dalam pembuatan pil untuk diet.

4. Merawat Gigi


Sudah sejak lama ekstrak rumput laut di percaya mampu mencegah kerusakan pada gigi. Kandungan anti inflamasinya bisa memperbaiki fungsi kelenjar ludah dan membuat jaringan mulut lebih tahan terhadap kerusakan.

5. Mencegah Flu


Diketahui rumput laut juga mempunyai antivirus yang telah terbukti mencegah virus influenza. Ekstraknya dapat menghalangi penyerapan partikel virus yang berbahaya di dalam sel dan mencegah tubuh terinfeksi penyakit flu.

6. Melancarkan pencernaan


Dengan efek pencahar ringan yang dimiliki rumput laut menjadikannya mampu menjaga pencernaan agar tetap lancar dan sehat. Efek ini bisa membantu merangsang pelepasan enzim pencernaan, mendukung penyerapan nutrisi, dan memfasititasi metabolisme lemak.

7. Merawat kulit dan rambut


Kaya akan sejumlah kandungan mineral, vitamin, asam amino, dan antioksidan, maka dengan mengkonsusmi rumput laut secara rutin bisa menjaga keremajaan dan kelembapan kulit. Selain itu, kandungan mineral yang tinggi di dalam rumput laut juga dapat membantu memperkuat akar dan batang sehingga membuatnya tetap sehat dan tebal.

Sekian pembahasan mengenai manfaat rumput laut bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment