Monday, May 20, 2019

Hindari Makanan dan Minuman Ini Agar Perut Tidak Kembung Saat Berpuasa

Faniujangherbal.blogspot.com - Seharusnya puasa rhamadhan dijalankan dengan penuh semangat dan tanpa beban. Adapun hal ini dapat terlihatdari pilihan menu buka puasa dan sahur yang dikonsumsi.




Menu sahur dan buka puasa sangat memengaruhi stamina ketika menjalankan ibadah puasa ramadhan. Dengan begitu, menyeimbangkan gizi dan nutrisi melalui menu makanan adalah hal yang penting.

Sayur dan buah merupakan saran terbaik dalam menjaga stamina. Namun sayangnya, kita diharuskan juga untuk berhati-hati dan waspada karena beberapa buah dan sayur bisa menimbulkan masalah.

Sejumlah jenis buah dan sayur dapat memberikan efek perut kembung ketika puasa.

Perut yang kembung ketika puasa tentu sangat tidak nyaman. Selain sakit, perut kembung ketika puasa juga dapat mengganggu konsentrasi ibadah.

Adapun dalam mencegah efek perut kembung ketika puasa ini sebenarnya dapat dilakukan dengan tidak mengonsumsi makanan atau minuman tertentu.

Berikut ini sejumlah jenis makanan dan minuman yang justru dapat menyebabkan perut menjadi kembung ketika puasa, antara lain:

1. Minuman bersoda


Kandungan karbondioksida yang cukup banyak dapat membuat perut kembung ketika berpuasa. Bahkan Meski tidak sedang puasa, minuman bersoda juga akan menyebabkan perut kembung. 

2. Brokoli dan sejenisnya


Mengonsumsi brokoli, kubis, kale, dan sebangsanya dengan berlebihan dapat memmicu perut kembung ketika puasa. Apalagi jika dikonsumsi pada keadaan mentah.

Hal ini dikarenakan serat pada sayur jika dimakan dalam keadaan mentah ketika berpuasa maka justru akan membuat perut kaget sehingga menjafdi kembung. Sayuran jenis cruciferous ini mengandung gas yang dapat memicu perut kembung.

3. Kopi


Minum kopi di saat buka puasa justru akan menaikan asam lambung. Sehingga keasamaan dalam kopi akan merangsang sekresi asam klorida dalam sistem pencernaan yang menyebabkan gastritis pada beberapa orang.

4. Minuman dingin


Diyakini bahwa mengonsumsi minuman dingin ketika berpuasa bisa merusak selaput lendir dan membuat metabolisme dan sistem pencernaan lamban. Minuman dingin juga bisa membuat perut terasa dingin dan kaku serta menahan lemak dan zat sisa tetap di dalam usus. Akibatnya hal ini dapat memicu perut kembung ketika ditengah-tengah menjalankan ibadah puasa.

5. Buah rasa asam


Penyebab perut kembung ketika berpuasa juga dapat disebabkan karena mengonsumsi buah yang memiliki rasa asam.

Asam di lambung yangsudah tinggi sebaiknya tidak ditambah dengan makan buah asam seperti stoberi, nanas, atau jeruk. Selain itu, minumlah air putih hangat terlebih dahulu sebelum makan buah-buahan ketika berpuasa.

6. Makanan pedas


Terdapat senyawa capsaicin dalam cabai yang mempunyai rasa pedas. Adapun senyawa ini kemungkinan dapat mengiritasi dinding lambung dan menyebabkan reaksi asam. Akibatnya perut kram dan nyeri. Ditambah lagi makan makanan pedas juga bisa menyebabkan diare saat puasa.

7. Minuman manis dalam kemasan


Minuman kemasan ini dapat menyebabkan perut kembung saat puasa, karena keadaan perut yang masih kosong. Gula dalam bentuk fruktosa pada minuman kemasan bisa menyebabkan hati bekerja keras mengolahnya, padahal hati juga butuh pemanasan untuk mengolah secara perlahan.

Itulah, makanan dan minuman yang perlu Anda hindari agar tidak mengalami perut kembung saat puasa. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment