Monday, May 27, 2019

Jambu Biji Untuk Mengobati Diabetes dan Diare

Faniujangherbal.blogspot.com - Sesuai dengan namanya, jambu ini memang banyak mengandung biji. Namun, siapa sangka buah jambu ini menyimpan manfaat obat. Di jawa tengah buah ini dikenal dengan jambu klutuk, sedangkan di Sunda dikenal dengan nama jambu batu.




Buah yang memiliki buah latin Psidium guajava ini merupakan pohon yang memiliki tinggi hingga mencapai 10 meter dan mempunyai banyak cabang. Adapun bentuk pohon licin dan daunnya berhadapan berbentuk lonjong. Bunganya cukup unik, yakni berwarna putih dan berada di ketiak daun.

Berdasarkan kitab tanaman obat yang diterbitkan penebar Swadaya,buah jambu biji mengandung asam ursolat, asam olenolat, asam gumjavaloat, asam ferulat, asam p-kumaram, asam vanilat, asam hidroksi benzoat dan tanin.

Kandungan-kandungan inilah yang menjadikan jambu buji mampu mengobati diabetes miletus, diare, maag, dan luka-luka. Penggunaan jambu biji sebagai obat ini telah dilakukan sejak lama.

Dalam memanfaatkan jambu biji sebagai obat diabetes, caranya ialah ambil 1 buah jambu biji yang agak masak dan rebuslah dengan setengah liter air. Setelah mendidih, diamkan sampai dingin. Minumlah sehari 2 kali pagi dan sore.

Sementara bagi yang mengidap penyakit maag, dapat mencoba resep berikut ini. yaitu rebuslah 8 daun jambu biji dengan 1 setengah liter air. Setelah dingin, dapat diminum setiap pagi dan sore.

Adapun untuk mengobati luka, cukup ambil sejumlah pucuk daun jambu biji, remas-remas lalu tempelkan pada kulit yang terluka.

Dan sebagai pengobatan diare, ambil beberapa daun jambu biji yang masih muda, peras airnya dan minum.

Demikianlah pembahasan jambu biji yang dapat membantu mengobati diabetes, diare, dan juga sejumlah penyakit lainnya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment