Monday, May 27, 2019

5 Manfaat Minum Air jahe Secara Teratur

Faniujangherbal.blogspot.com - Jahe memang dikenal mempunyai banyak manfaat. Mulai dari menghangatkan badan, meredakan flu, hingga obat pereda nyeri.




Dengan rasa yang cenderung pedas, umumnya jahe diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. Langkah termudah menyajikan jahe ialah dengan merebusnya hingga keluar sari-sarinya.

Konsumsi air jahe yang hangat dapat menghasilkan sensasi nyaman di perut dan tenggorokan. Bahkan ternyata masih banyak lagi manfaat yang dapat kita peroleh jika rutin mengkonsumsi air jahe. Ingin tahu apa saja manfaatnya? Berikut ulasannya.

1. Meningkatkan daya tahan tubuh


Dari jurnal yang diterbitkan US National Institutes of Health tahun 2013, jahe mengandung gingorel, paradol, hingga zingorene yang bersifat antioksidan. Kandungan ini mampu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, juga dapat membentengi tubuh dari virus penyebab penyakit.

2. Mencegah mual


Ketika perut terasa kembung, air jahe dapat menjadi salah satu langkah dalam mengatasinya. Berdasarkan jurnal Ginger in Gastrointestinal Disorder tahun 2018, diketahui bahwa kandungan pada jahe mampu membantu meningkatkan pergerakan makanan diperut sehingga penveernaan lebih lancar.

Adapun sistem pencernaan yang lancar akan menurunkan risiko penumpukan gas di perut penyebab mual. Bahkan, air jahe dapat menjadi obat mual yang aman bagi perempuan yang tengah mengandung.

3. Mengontrol gula darah


Saat pola makan tidak teratur, hal ini akan berdampak pada naiknya gula darah. Untuk menyeimbanginya ternyata dapat dengan meminum segelas air jahe.

Pada jurnal Departement of Nutrition, Iran University of Medikal Science yang diterbitkan tahun 2015 menjelaskan bahwa jahe dapat meningkatkan kadar hemoglobin A1c di dalam tubuh. Adapun hemoglobin inilah yang memiliki fungsi untuk mengontrol gula darah agar tetap stabil.

4. Membantu menurunkan berat badan


Dalam penelitian yang berjudul The Effects of Ginger Intake on Weight Loss and Metabolic Profiles Among Overweight and Obese Subjects mengungkapkan bahwa mengkonsumsi jahe dapat membantu menurunkan keinginan untuk makan secara berlebihan.

Tidak hanya itu, sensasi panas yang dihasilkan jahe juga akan mempercepat pembakaran lemak tubuh.

5. Mengandung zat antikanker


Dengan kandungan sifat antioksidannya, jahe mampu menghalau virus penyakit serta mencegah kerusakan sel. Dengan begitu, rempah hangat ini juga dapat menurunkan risiko terkena kanker.

Berdasarkan pada penelitian dari US National Institute of Healt tahun 2015 menyebutkan bahwa jahe efektif menurunkan kanker tertentu, salah satunya kanker pankreas.

Itulah sejumlah manfaat dari minum air jahe secara teratur. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

No comments:

Post a Comment