Wednesday, May 22, 2019

Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak Ketika Ibu Hamil Besar

Faniujangherbal.blogspot.com - Ketika memasuki trimester ketiga, salah satu yang sering menjadi kesulitan akan dialami ibu hamil ialah tidur dengan tidak nyaman. Tidur akan terganggu sebab perut yang membesar dan membuat sesak jika tidur telentang. Padahal tentu saja waktu tidur yang cukup dan nyenyak di malam hari sangat penting.





Berdasarkan penelitian yang dimuat dalam jurnal Psychosomatic Medicine menemukan bahwa ibu hamil yang kekurangan waktu tidur akan meningkatkan risiko mengalami persalinan berbahaya seperti kelahiran prematur, menghambat suplai ke plasenta, depresi hingga melahirkan bayi yang tak sehat.

Di lansir dari New Parent, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil agar bisa tidur dengan nyaman dan nyenyak di malam hari. Di antaranya;

1. Rajin Olahraga


Dengan rajinnya menggerakan badan akan membuat energi tubuh dipergunakan secara maksimal. Saat tubuh lelah, ibu hamil akan lebih mudah tertidur di malam hari.

Bahkan menurut The American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), ibu hamil yang olahraga 30 menit perhari akan membuat kualitas tidurnya lebih baik.

2. Jaga Berat Badan Ideal


Menjaga berat badan ideal ternyata pentng sekali agar mudah tidur. Hal ini dikerenakan saat tubuh ibu terlalu gemuk, maka bernafas jadi lebih susah dan tubuh berat sehingga akan kesulitan untuk tidur.

3. Perut Kenyang


Banyak yang merasakan dan pasti sudah tahu, bahwa perut kosong atau kelaparan di malam hari akan membuatmu kesulitan tidur. Untuk itu, menjaga perut kenyang akan memudahkan diri mengantuk dan tertidur. Akan tetapi ingat untuk tidak makan secara berlebihan sebab perut terlalu penuh juga akan menyebabkan kesulitan tidur.

4. Ciptakan suasana nyaman


Apabila memakai bra menjadikanmu sesak, maka lepaslah. Selain itu, jika udara terlalu panas dan membuatmu gerah, pakailah baju yang tipis dan longgar. Bahkan apabila diperlukan nyalakan pendingin ruangan atau buka jendela agar udara dingin dapat masuk dan menyejukkan diri. Intinya buatlah suasana tempat tidur dengan senyaman mungkin.

5. Tidur menyamping


Biasanya ibu hamil dengan perut yang semakin besar tidak dapat tidur telentang. Dengan begitu, pilihlah posisi menyamping sehingga beban perut tidak membuat sesak dada.

Itulah sejumlah cara mudah untuk mendapatkan tidur yang nyenyak ketika ibu hamil besar. Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment