Thursday, May 23, 2019

Manfaat Rutin Makan Bayam Saat Puasa

Manfaat Bayam - Faniujangherbal.blogspot.com - Bayam sering disebut-sebut sebagai salah satu suferfood. Diketahui sayuran nikmat ini mengandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi bayam diklaim bisa melindungi tubuh dari berbagai penyakit; seperti gangguan otak, stroke, hingga jantung.




Adapun kamu juga bisa memanfaatkan nayam sebagai suferfood selama puasa, dengan manfaatnya ialah;

1. Menghidrasi tubuh


Saat puasa tubuh sering kali kekurangan cairan. Sehingga kita cepat merasa haus dan bibir pecah-pecah. Berdasarkan penelitian soal kandungan Zat Gizi Daun Bayam oleh Universitas Diponegoro tahun 2006, pada 100 gram bayam terkandung mineral (kalium) sebanyak 558 miligram.

Mineral ini memiliki peranan utama dalam menghidrasi tubuh sehingga dapat membantu melengkapi kekurangan cairan selama puasa.

2. Rendah Kalori


Berdasarkan Departemen Pertanian Amerika Serikat, diketahui bahwa 250 gram bayam hanya mengandung 7 kalori saja. Karena itu, dengan menyelipkan bayam ke dalam menu sahur maupun berbuka, kamu tidak perlu takut gemuk.

3. Penting untuk kesehatan otak


Selama menjalankan puasa, konsentrasi sering hilang karena kurangnya nutrisi ke otak. Hal ini ternyata masih dapat dicegah dengan rutin mnegkonsumsi bayam. Alasannya ialah karena bayam mengandung mineral seperti asam folat, vitamin A, vitamin B6, vitamin C dan antioksdannya yang dapat membantu mencegah gangguan fungsi neuronal dan kognitif otak.

4. Menahan rasa kenyang lebih lama


Saat puasa, penting untuk kita mengonsumsi makanan yang dapat menahan kenyang lebih lama. Adapun salah satunya dengan rutin makan bayam, sebab sayuran ini kaya akan serat.

Pada 100 gram bayam mengandung 2,2 gram serat. Sehingga bayam akan membuat perut tetap kenyang dalam jangka waktu yang lebih lama.

5. Menjaga stamina tubuh


Konsumsi makanan penuh nutrisi selama puasa sangat penting sebab bisa menjaga tubuh agar tidak mudah lemas. Nah, bayam dapat menjadi pilihan untuk sahur dan berbuka.

Dengan kandungan mineral, vitamin, dan juga seratnya akan mampu membuat tubuh selalu terasa bugar dan tidak loyo selama berpuasa. Kekayaan nutrisinya juga dapat menjadi stamina tubuh dengan baik.

Demikian informasi mengenai manfaat rutin makan bayam saat puasa, luar biasa bukan? Mulai dari sekarang yuk rajin makan bayam.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment