Monday, May 27, 2019

Cara Membuat Anak Mau Makan

Faniujangherbal.blogspot.com - Pribadi anak-anak memang terkadang sulit dimengeri. Bahkan tak jarang mereka menangis tanpa sebab. Di kemudian hari, mereka enggan makan makanan apapun meski telah disajikan sedemikian rupa hingga kamu mungkin bahkan sudah berusaha menyuapinya.




Umumnya anak-anak yang menginjak usia 1 tahun mempunyai penurunan selera makan sebab pertumbuhannya melambat. Adapun keengganan anak untuk mengisi perutnya dapat disebabkan karena hal-hal berikut:
  • Baru menyadari bahwa dia bisa memilih-milih makanan
  • Hanya ingin makan makanan cepat saji yang enak rasanya
  • Terlalu banyak makan sebelumnya
  • Hanya ingin makan makanan tertentu (biasanya karena telah terbiasa dengan berbagai rasa, tekstur, dan warna makanan padat)
  • Tiba-tiba ingin makan makanan selain makanan kesukaannya


Untuk membuat nafsu makan si kecil kembali seperti semula. bunda bisa mencoba kiat-kiat berikut:

1. Sajikan makanan bervariasi dan menarik: Jika perlu, sajikan makanan di perlengkapan khusus anak dengan hiasan yang si kecil sukai.

2. Biarkan dia makan sendiri: Bunda bisa menyediakan makanan yang mudah dipegang menggunakan tangan dan aman dimasukkan bulat-bulat ke dalam mulut. Potong dahulu makanan hingga sesuai dengan ukuran mulut si kecil.

3. Buatlah jadwal makan yang konsisten : Bunda dapat membuat jadwal si kecil untuk makan utama 3 kali sehari dan makan camilan 2 kali sehari.

4. Menyajikan camilan yang sehat namun tetap enak : Sebai,knya bunda memasak sendiri camilan tersebut, agar terjaga kualitasnya.

5. Berikan makanan dalam porsi kecil dan hanya maksimal 2 jenis : Hal ini bertujuan untuk mencegah kewalahan saat makan.

6. Singkirkan hal-hal yang bisa mengganggu kegiatan makan, seperti televisi, ponsel, dan binatang peliharaan.

7.  Libatkan anak saat bunda sedang memasak makanan : Bunda bisa mengajak si kecil ke pasar, ajari cara mencuci sayur, dan biarkan dia memperhatikan bunda ketika memasak hingga menghias makanan.

8. Atur minumnya ketika makan agar anak tidak kenyang karena terlalu banyak minum. Terlalu banyak makan akan membuat perut anak kembung. Selain itu, hindari juga memberikan minuman manis ketika makan utama sebab dapat membuat perutnya semakin kembung.

9. Konsultasikan kesulitan si kecil untuk makan ke dokter. Apabila nafsu makannya tidak kunjung membaik atau malah bertambah tidak bernafsu makan. Dokter akan memeriksakan apakah si kecil mengalami kondisi kesehatan tertentu yang membuatnya enggan menyantap makanan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat anak mau makan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kesehatan anak Anda.

No comments:

Post a Comment