Thursday, May 23, 2019

Ini 6 Manfaat Air Rebusan Pandan

Manfaat Pandan - Faniujangherbal.blogspot.com - Banyak wanita mengenal daun pandan, aromanya yang wangi menjadikan daun ini sering di gunakan saat memasak. Dan tahukah Anda, di balik aromanya yang istimewa, daun pandan mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.





Daun pandan bisa kita temukan di negara-negara tropis dan subtropis seperti India, Vietnam, Myanmar serta Thailand.

Tanaman dan daunnya diketahui mengandung senyawa aktif biologis alami berupa phytochemical. Selain itu, berdasarkan penelitian, senyawa kimia pahit hadir dalam daun pandan terdiri dari flavonoid, polifenol, alkaloid, dan saponin serta juga mengandung sifat anti bakteri.

Fashion Lady, Selasa (21/5) melansir informasi bahwa cukup dengan merebus daun pandan kemudian meminum airnya bisa memberi manfaat untuk kesehatan. Hasil akan optimal bila diminum dengan rutin dan dicampur juga dengan madu.

Berikut ini merupakan sejumlah manfaat dari daun pandan untuk kesehatan, antara lain:

1. Mengobati saraf lemah


Saraf lemah biasanya akan menyebabkan kram. Di ketahui, daun pandan dapat mempromosikan saraf yang sehat di dalam tubuh.

Cara memanfaatkannya ialah dengan merebus 3 gelas air dan 3 lembar daun pandan. Biarkan mendidih hingga air berkurang menjadi 2 gelas. Kemudian diamkan hingga dingin. Saring dan minumlah ramuan ini 2 kali sehari, pagi dan sore hari.

2. Mengurangi tekanan darah tinggi


Manfaat terbaik dari daun pandan ialah mampu membantu mengobati hipertensi atau tekanan darah tinggi. Di ketahui dengan meminum ramuan daun pandan ini dapat menormalkan tekanan darah hingga telah menunjukan efek positif bagi jantung.

Caranya, tambahkan 3 gram daun pandan ke 2 gelas air mendidih. Biarkan hingga air berkurang menjadi setengah gelas. Minumlah air rebusan pandan ini 2 kali sehari secara rutin.

3. Mengatasi demam


Demam disebabkan karena adanya infeksi di dalam tubuh. Adapun dengan sifat anti bakteri yang terdapat pada daun pandan bisa menghilangkan segala jenis infeksi bakteri pada tubuh.

Rebus 3 lembar daun pandan ke dengan 2 gelas air, biarkan hingga mendidih hingga air tersisa 1 gelas. Saring dan minum air ini 2 kali sehari.

4. Menyembuhkan Diare


Sifat anti bakteri dan antimikroba yang ada dalam daun pandan dapat membantu menyembuhkan infeksi lambung, termasuk diare. (langkah memanfaatkannya sama dengan daun pandan dalam mengatasi demam).

5. Mengatasi Insomnia


Berdasarkan penelitian, terdapat bukti bahwa daun pandan mampu mengobati sulit tidur karena mengandung senyawa alkoloid yang mempunyai efek menenangkan pikiran dan tubuh.

Cara pengolahannya yaitu dengan memanfaatkan beberapa daun pandan dan seduh dengan air mendidih. Kemudian tambahkan 1 sendok makan madu ke dalamnya dan minum ketika masih hangat.

6. Menghilangkan kecemasan


Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, daun pandan mempunyai efek menenangkan bagi tubuh. Dan untuk menekan kecemasan caranya ialah memanfaatkan 3-5 daun pandan dan potong-potong menjadi irisan tipis. Kemudian masukkan ke dalam secangkir air mendidih. Saring dan minumlah sekaligus 3 kali sehari.

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan mengenai beberapa manfaat dari air rebusan pandan. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

No comments:

Post a Comment