Monday, June 10, 2019

Manfaat Talas Untuk Kesehatan

Manfaat Talas - Faniujangherbal.blogspot.com - Kamu pasti telah mengetahui, bahwa talas merupakan jenis umbi-umbian. Talas memiliki nama latin Colocasia esculenta. Adapun rasanya sedikit manis dengan tekstur yang mirip kentang.

Di Indonesia, talas sering menjadi beragam kudapan manis. Sebut saja bolu talas hingga mochi.




Nah, selain dapat diolaj menjadi beragam jenis kudapan, talas menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, yaitu:

1. Dapat mengurangi risiko penyakit jantung


Talas mengandung serat dan pati untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Terdapat study yang menemukan fakta bahwa setiap tambahan 10 gram serat yang dikonsumsi perhari, dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 17%.

2. Membantu menurunkan berat badan


Diketahui talas mengandung 6,7 gram serat percangkir (132 gram). 

Serat dapat memperlambat pengosongan perut, sehingga membuat seseorang kenyang lebih lama. Dengan seiring berjalannya waktu, keadaan ini dapat menyebabkan seseorang mengalami penurunan berat badan.

3. Mengatasi masalah pencernaan


Serat dan pati juga baik untuk kesehatan lambung dan usus alias gastrointestinal. Bahkan kedua kandungan ini dapat membantu makanan yang dicerna oleh lambung. Sehingga proses pencernaan dapat menjadi lebih lancar.

Sejumlah penelitian juga menyebutkan bahwa mengkonsumsi serat dan pati bisa melindungi dari sejumlah penyakit seperti radang usus dan kanker usus besar.

4. Membantu mengontrol gula darah


Serat dan pati yang terdapat dalam talas juga mampu menjaga gula darah. Serat termasuk jenis karbohidrat yang tak bisa dicerna manusia. Serat tidak berdampak pada kadar gula darah, dan mampu mencegah lonjakan gula darah setelah makan.

Penelitian juga mengungkapkan bahwa diet tinggi serat yang mengandung hingga 42 gram per hari bisa membantu mengurangi kadar gula sekitar 10 mg/ dl pada penderita diabetes tipe-2.

Demikianlah pembahasan informasi manfaat talas untuk kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment