Friday, June 28, 2019

Manfaat Teh Melati

Faniujangherbal.blogspot.com - Di Indonesia, tampaknya teh melati memang menjadi salah satu jenis teh yang banyak digemari. Teh melati dapat diminum secara hangat atau dingin dan umumnya disajikan sebagai pendamping camilan di sore hari.

Memiliki aroma yang khas menjadikan teh melati nikmat dan menenangkan. Tidak hanya itu, teh melati mempunyai sejumlah nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan.




Berikut ini merupakan manfaat dari teh melati, antara lain;

1. Tinggi antioksidan


Teh melati mengandung senyawa antioksidan yang disebut dengan katekin. Katekin memiliki khasiat sebagai pencegah peradangan yang disebabkan oleh efek radikal bebas, bakteri dan kuman.

Adapun secara keseluruhan katekin dapat membantu mencegah serangan jantung, mencegah kelebihan berat badan, menstimulasi fungsi syaraf, dan juga merileksasi otot yang tegang serta dapat membantu menghancurkan sel penyakit, sekaligus mencegahnya agar tidak menyebar dalam tubuh.

2. Menurunkan berat badan


Kandungan zat antioksidan yang melimpah pada teh melati mampu meningkatkan sistem metabolisme, sehingga akan mempercepat proses penurunan berat badan. Bahkan antioksidan dapat bermanfaat juga dalam mengobati radang dan mencegah beragam penyakit yang berasal dari efek radikal bebas.

3. Memelihara kesehatan jantung


Katekin yang ada dalam teh melati dapat membantu meringankan sejumlah gejala penyakit tertentu. Seperti diabetes, stroke dan jantung.

Pasalnya katekin ini merupakan faktor utama yang berkhasiat untuk menghambat oksidasi kolestrol jenuh.

4. Meredakan stres


Aroma teh melati yang kuat dan menenangkan bisa membantu meredakan stres. Adapun berdasarkan sebuah penelitian, menghirup aroma teh melati secara signifikan dapat memancing pelepasan zat kimia yang terkait dengan syaraf tubuh, sehingga akan membuat syaraf dan otot tubuh menjadi lebih tenang dan rileks serta ampuh untuk meredakan stres jika rutin mencium aroma melati.

5. Mencegah kanker


Pada dasarnya seluruh jenis teh, termasuk teh melati diperkaya dengan sifat antikanker, yaitu berupa epigallocatechin gallate (EGCG) yang mampu melindungi tubuh dari efek buruk radikal bebas dan zat karsinogenik dalam tubuh. Kandungan ini juga dapat menghambat perkembangan senyawa berbahaya yang biasanya di temukan pada tumor dan sel kanker.

Itulah beberapa manfaat dari teh melati yang baik bagi kesehatan. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment