Friday, July 12, 2019

5 Makanan Pencegah Rambut Rontok

Faniujangherbal.blogspot.com - Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang kerap dialami. Penyebabnya sangat beragam yakni mulai dari stres, kekurangan nutrisi, hingga perubahan hormon.

Agar kerontokan rambut tidak semakin menjadi, tentu kita dapat mencegahnya dengan memperbaiki asupan nutrisi.



Berikut ini sederet makanan yang bisa menghambat kerontokan rambut dan membuatnya lebih sehat, antara lain:

1. Bayam


Kekurangan mineral seperti zat besi, protein, dan vitamin D bisa menyebabkan rambut rontok. Adapun bayam menjadi salah satu sumber zat besi alami yang bisa kita santap.

Bayam juga mengandung sebum yang bertindak sebagai kondisioner alami untuk rambut. Bahkan kandungan lainnya seperti magnesium, omega-3, dan kalium dapat menjaga rambut tetap berkilau serta tidak kering.

2. Kacang lentil


Kandungan yang terdapat pada kacang lentil berupa protein, zat besi, zinc dan biotin serta asam folik yang tinggi dibutuhkan untuk mengembalikan kesehatan sel darah merah yang berfungsi menyediakan oksigen untuk kulit kepala.

3. Bit


Menurut penelitian dalam British Journal of Clinical Pharmacology, zat nitrat memiliki fungsi untuk meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi pada folikel rambut. Dan bit merupakan umbi yang kaya akan kandungan nitratnya, sehingga sangat baik untuk mencegah kerontlokan rambut.

4. Biji bunga matahari


Diketahui biji bunga matahari mengandung vitamin B5 tinggi yang dapat membantu aliran darah di kulit kepala tetap lancar dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Adapun menurut Clinical and Experimental Dermatology report, kekurangan vitamin B5 diidentifikasi sebagai penyebab rambut rontok.

Konsumsi satu ons biji bunga matahari bisa memenuhi 20% kebutuhan vitamin b5 yang dibutuhkan tubuh.

5. Oatmeal


Resistensi insulin sering disebutkan sebagai salah satu penyebab kebotakan. Dan untuk mengatasinya, kita bisa mengkonsumsi makanan yang kaya serat seperti oat.

Oat memiliki kandungan serat tinggi yang akan membantu memperbaiki sensitivitas tubuh terhadap insulin, dengan begitu dapat mengurangi rambut rontok.

Informasi kesehatan lainnya klik disini.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa mencegah rambut rontok. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk kesehatan rambut Anda.

No comments:

Post a Comment