Monday, July 22, 2019

Khasiat Timun bagi bayi

Faniujangherbal.blogspot.com - Salah satu makanan pendamping ASI (MPASI) untuk bayi adalah mentimun. Dengan harga ekonomis, khasiat yang dihasilkan timun tak jauh lebih baik dan bermanfaat dari buah ataupun sayuran lainnya. Termasuk untuk kesehatan tubuh bayi.



Inilah khasiat dari timun yang baik bagi bayi, diantaranya:

1. Kaya mineral

Kaya akan mineral dalam timun seperti magnesium, sodium, potassium, kalsium, kalium, natrium dan mineral lainnya. Magnesium bisa membantu menjaga fungsi saraf dan otot bayi, juga menjaga kadar glukosa darah yang mampu membantu menghasilkan energi . Kalsium ialah suatu zat yang dibutuhkan untk kepadatan dan kekuatan tulang bayi. Sedangkan kalium sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung bayi.

2. Mencegah dehidrasi

Mentimun kaya akan airnya, sehingga mencegah bayi untuk berisiko dehidrasi. Kandungan air yang banyak pada timun juga mampu melindungi sistem pencernaaan dan membantu membuang racun dari dalam tubuh bayi.

3. Mencegah diabetes

kandungan hormon yang terdapat dalam timun bisa membantu sel pankreas untuk memproduksi insulin, yang mampu menjaga kadar kolesterol pada tubuh. 


4. Mencegah kanker

Melindungi bayi terkena kanker, hal tersebut karena timun mengandung lignan seperti pinoresional, lariciresinoal dan secoisolariciresinol. Lignan merupakan zat yang sangat di kenal dapat mencegah dan mengurangi risiko berbagai jenis kanker misalnya kanker prostat, kanker ovarium, kanker rahim ataupun kanker payudara.

5. Sumber silika

Silika yang ada dalam timun mampu membantu memperkuat tulang, mencegah bayi terkena osteoporosis, dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh bayi serta sangat diperlukan untuk memperkuat ligamen, sendi dan otot bayi.

Itulah sebagian khasiat dari timun bagi bayi. Terimakasih. Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment