Monday, July 22, 2019

Nyeri Haid Hilang dengan Makanan ini

Faniujangherbal.blogspot.com - Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari dalam rahim yang terjadi karena luruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel-sel telur yang tak dibuahi. Peristiwa ini sudah menjadi kodrat seorang perempuan setiap bulannya. Haid atau datang bulan ini sering disertai dengan rasa nyeri, keram juga perubahan emosi yang tidak stabil.



Di bawah ini adalah jenis makanan-makanan yang dapat mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri pada saat haid:

1. Salmon

Salmon adalah sumber vitamin D yang terbaik dan mampu mengurangi inflamasi serta depresi. Vitamin D juga baik untuk mengatasi keram. Pada salmon terkandung banyak sekali anti-peradangan dan omega 3 sebagai protein yang mengontrol gula darah dan rasa lapar.

2. Telur

Salah satu makanan yang baik di konsumsi ketika sedang menstruasi ialah telur. Telur memiliki omega 3, vitamin D dan protein. Sama seperti salmon mengandung tryptophan yang memproduksi serotonin, yaitu hormon yang membuat mood tetap stabil. 
  

3. Coklat

Magnesium yang terdapat di dalam sebatang coklat hitam bisa membantu meredakan sakit kepala dan keram, juga antioksidan yang dapat melawan peradangan. 

4. Sayuran Hijau

Jenis sayur-sayuran hijau termasuk bayam, kale serta sawi memiliki banyak kandungan anti-peradangan. Salah satunya magnesium yang mampu membantu kesehatan otak, mengurangi keram dan mood. Meskipun sayuran dengan warna hijau tua juga terdapat banyak sekali serat, kalsium dan vitamin B lengkap. Penelitian menyatakan bahwa perempuan yang mengonsumsi vitamin B lengkp dapat mengunragi rasa nyeri saat haid.

5. Jahe

Tumbuhan yang termasuk kedalam akar-akaran ini bisa membantu proses pencernaan, kaya akan penguat imun, dan juga anti-peradangan. Sebagian pakar juga menyarankan jahe bagi wanita yang sedang mengalami nyeri perut selama masa menstruasi. 

Jadi untuk para wanita yang sedang mengalami menstruasi sebaiknya banyak mengonsumsi makanan-makanan di atas agar rasa nyerinya tidak terlalu terasa juga mengilang.

No comments:

Post a Comment