Wednesday, July 24, 2019

Penyebab Migrain Sering Tidak Disadari

Faniujangherbal.blogspot.com - Penyakit migrain ini sering kali menyerang seseorang terutama pada wanita. Menurut studi dalam jurnal Neurologi, waita memiliki kemungkinan 4 kali lebih besar terserang migrain di bandingkan dengan laki-laki.

Berdasarkan WHO, total populasi manusia berusia 18-65 tahun yang melaporkan mengalami sakit kepala, sekitar 30 % ialah sakit kepala migrain.


Migrain menimbulkan rasa sakit pada satu bagian sisi kepala yang disebabkan oleh beberapa faktor, contohnya faktor bersifat genetik. Selain itu, ada sebagian faktor lain penyebab migrain yang biasa namun sering kita sadari.

Berikut adalah 5 penyebab penyakit migrain yang sering terjadi tanpa kita sadari:

1) Mengonsumsi Pemanis Buatan

Aspartame merupakan pemanis buatan yang dapat menyebabkan penyakit migrain. Pemanis buatan ini bisa menurunkan kadar serotonin pada tubuh seseorang dan mampu memicu pelepasan neuropeptida juga memicu reaksi berantai yang mengundang migrain, yang di dari lansiran Huffington Post.

2) Mengonsumsi Makanan Asin dan Keju Tua

Terlalu banyak mengonsumsi makanan asin dan keju tua bisa mempengaruhi tekanan darah. Makanan ini dapat meningkatkan jumlah natrium dalam aliran darah dan mengacaukan kemampuan ginjal untuk mengolah air. Mengakibatkan tubuh meresponya dengan tekanan darah yang lebih tinggi dan menyebabkan migrain di kepala.

3) Jet Lag

Gangguan tidur yang dapat menyebabakan migrain salah satunya adalah Jet lag. Ketika sedang berpergian melalui jalur udara, tekanan dari kabin pesawat juga akan berperan karena menyebabkan pelebaran pembuluh darah pemicu migrain.

4) Melewatkan Waktu Makan

Apabila Anda seseorang yang sering terkena migrain, sebaiknya memperhatikan jadwal makan dengan teratur. Karena melewatkan jam makan itu dapat menyebabkan penurunan kadar glukosa pada darah, perubahan kimia dalam tubuh dan memicu migrain di kepala.

5) Berhubungan Intim

Mengerahkan tenaga fisik secara intens, termasuk aktivitas seksual sampai timbulnya gairah dalam diri bisa memicu migrain. Migrain akibat faktor tersebut biasanya terjadi pada pria muda atau paruh baya juga seiring dengan bertambahnya usia. Cara untuk meredam migrainnya dengan mengonsumsi obat tekanan darah yang dikenal dengan beta blocker.

Perlu diperhatikan penyebab migrain diatas, karena hal itu dapat terjadi tanpa kita sadari dan bahkan menyepelekannya. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment