Wednesday, July 31, 2019

Apa Benar Nasi dingin Baik Untuk Penderita Diabetes?

Info Sehat Diabetes - Faniujangherbal.blogspot.com - Seperti yang kita tahu, konsumsi nasi putih bagi penderita diabetes mungkin perlu dibatasi sebagai pencegahan kenaikan gula darah. Adapun untuk menghindari efek tersebut, terdapat anggapan bahwa mereka sebaiknya mengkonsumsi nasi putih yang dingin. Benarkah seperti itu? yuk simak pembahasan berikut ini.

Apa Benar Nasi dingin Baik Untuk Penderita Diabetes?



Umumnya makanan yang harus di batasi oleh penderita diabetes adalah makanan dengan indeks glikemik tinggi (suatu cara untuk mengelompokkan makanan dan minuman berdasarkan kecepatannya dalam meningkatkan kadar gula dalam darah), salah satunya ialah nasi putih. Semakin tinggi indeks glikemik suatu makanan atau minuman, maka kadar gula darah akan semakin cepat meningkat setelah makanan tersebut di konsumsi.

Manfaat Konsumsi Nasi Dingin Bagi Penderita Diabetes


Zat pati dan karbohidrat yang ada dalam nasi putih bisa dicerna dan siserap dengan cepat oleh usus halus, sehingga kadar gula darah pun akan meningkat dengan cepat.

Akan tetapi, zat pati itu bisa diubah menjadi zat pati yang sulit untuk dicerna(zat pati resisten). Adapun untuk mengubahnya ialah dengan menyimpan nasi yang telah matang di dalam kulkas bersuhu 4 derajat celsius selama 24 jam, kemudian di hangatkan kembali sebelum di konsumsi. zat pati yang lebih sulit dicerna akan mengurangi jumlah karbohidrat yang diserap oleh usus.

Inilah sebabnya, nasi puth dingin yang mengandung zat pati resisten di anggap mempunyai sejumlah manfaat bagi penderita diabetes , seperti:
  1. Membantu mengontrol kadar gula darah
  2. Meningkatkan produksi dan kinerja hormon insulin
  3. Menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh
  4. Berperan sebagai prebiotik
  5. Membuat lebih kenyang dan tidak cepat lapar

Terdapat sejumlah hal yang perlu di perhatikan sebelum mengkonsumsi nasi dingin, yaitu:
  • Nasi putih dingin harus dikonsumsi dalam jangka panjang untuk mendapatkan efek menstabilkan kadar gula darah.
  • Nasi putih yang hendak didinginkan harus diletakkan dalam wadah yang bersih untuk mencegah pertumbuhan bakteri.
  • Nasi putih dingin perlu dihangatkan kembali sebelum dikonsumsi. Selain agar teksturnya lebih enak disantap, proses penghangatan juga bisa membunuh bakteri di dalam nasi yang didinginkan.
  • Nasi putih dingin perlu dikonsumsi bersamaan dengan makanan yang sehat bagi penderita diabetes. Hindari lauk yang manis, berlemak, dan berkalori tinggi.


Obat terbaik untuk penyakit diabetes klik disini.

Nah, itulah pembahasan mengenai nasi putih dingin untuk penderita diabetes. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment