Monday, July 29, 2019

Mengatasi Kembung Pada Bayi

Tips Untuk Bayi - Faniujangherbal.blogspot.com - Sebenarnya bayi yang memiliki usia hingga 3 bulan yang sering mengalami perut kembung, termasuk hal yang wajar. Sebab, saluran pencernaannya belum berfungsi dengan sempurna. Selain itu, bayi juga akan mengalami perut kembung seiring bertambahnya usia karena mulai mencoba makanan yang berbeda untuk pertama kalinya. Meski begitu, ternyata bunda juga bisa mengatasi perut kembung pada bayi ini lho.. Berikut informasi selengkapnya.

Langkah Mengatasi Kembung Pada Bayi




Umumnya perut kembung akan membuat bayi merasa tidak nyaman sehingga menjadi rewel dan sering menangis tanpa alasan.

Tanda bayi sedang mengalami perut kembung juga dapat dilihat jika bayi sering menggeliat dan melengkungkan punggungnya ke belakang, serta mengangkat kedua kakinya.

Penyebab perut kembung pada bayi dipengaruhi oleh sejumlah kondisi, di antaranya jenis makanan yang dikonsumsi ibu dan bayi itu sendiri, minuman selain ASI, atau karena jenis dot bayi yang di pakai.

Berikut ini adalah langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi perut kembung pada bayi.

  • Letakkan bayi di kasur dengan posisi tidur telentang. Angkat kedua kakinya dan gerakkan seperti sedang mengendarai sepeda. Adapun gerakan ini bisa membantu mengeluarkan gas dari perut bayi.
  • Pijat perut bayi dengan perlahan searah jarum jam. Cara ini juga dilakukan dengan posisi tidur.
  • Usap-usap punggung dengan meletakkan bayi di atas kedua paha Anda dengan posisi perut menghadap ke bawah atau telungkup.
  • Susui bayi dengan posisi sedikit tegak, agar susu bisa secara perlahan dan lancar masuk ke dalam perut sehingga tidak menimbulkan masalah perut.
  • Susui bayi sebelum dia merasa lapar. Ini dapat meminimalkan kemungkinan perut kembung pada bayi akibat masuk angin. Saat bayi sudah menangis kelaparan, dia cenderung menelan angin lebih banyak bersamaan dengan makanannya.


Perut kembung bisa juga merupakan tanda bayi Anda mengalami  masalah pencernaan yang serius, oleh karena itu jika bayi semakin rewel, sulit untuk buang air besar, muntah, atau bahkan demam, Ada baiknya periksakan ke dokter.

Sekian pembahasan informasi mengenai langkah mengatasi perut kembung pada bayi. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment