Monday, July 15, 2019

Bolehkah Imunisasi Saat Bayi Sedang Batuk?

Faniujangherbal.blogspot.com - Bunda tentu sudah tahu bukan pentingnya menjalankan imunisasi teratur bagi si kecil, agar dapat terlindung dari wabah penyakit yang bisa membuatnya sakit berat, kecacatan, hingga bahkan kematian.



Berdasarkan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), ada 2 hal yang perlu Bunda perhatikan saat si kecil hendak imunisasi, yaitu:

  1. Keteraturan jadwal imunisasi
  2. Kondisi tubuh si kecil


Jika si kecil mengalami penurunan daya tahan tubuh, ada baiknya bunda menunda dulu pemberian imunisasi. Begitu juga ketika ia mengelami demam tinggi yakni disaat suhu tubuhnya mencapai 38,5 derajat celsius atau lebih. Namun bagaimana dengan kondisi bayi sedang batuk?

Menurut Prof.DR.dr. Soedjatmiko SpA, dokter spesialis anak sekaligus sekretaris Satgas Imunisasi IDAI, bayi yang sedang mengalami batuk ringan tidak perlu menjadi alasan Anda menunda imunisasi. Karena imunisasi tidak akan memperparah batuk yang dialami bayi dan batuk juga tidak akan mempengaruhi proses maupun manfaat dari imunisasi.

Beliau mengungkapkan "Bayi yang sehat ceria walau sedang batuk pilek ringan tanpa demam misal karena iritasi atau alergi, atau diare ringan boleh diimunisasi, aman dan efektif"

Adapun penundaan imunisasi baru dilakukan jika batuk disertai dengan demam tinggi atau menyebabkan si kecil sangat rewel dengan sakitnya. Biasanya penundaan ini bisa dilakukan hingga 2 minggu kemudian.

Jadi mulai sekarang, Bunda tidak perlu takut lagi memberi si kecil imunisasi ketika sedang batuk. Diimunisasi saat itu atau di tunda tergantung seberapa parah kondisi batuk bayi Anda. Tetapi, jika Anda masih ragu, bisa berkonsultasi juga secara langsung dengan dokter.

Info kesehatan lainnya klik disini.

Itulah informasi yang dapat disampaikan mengenai imunisasi saat bayi sedang batuk. Semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment