Saturday, July 13, 2019

WHO Tetapkan Kecanduan Game Sebagai Penyakit

Faniujangherbal.blogspot.com - WHO yakni Badan Kesehatan Dunia menyatakan bahwa kecanduan game sebagai penyakit modern. Pasalnya, karena orang yang kecanduan game bisa lupa dengan kewajiban dan tanggung jawab.




Sebelumnya, para ahli WHO telah menganalisis studi mengenai game ini. Di mulai dari penggunaan game dengan pemain yang berbedda-beda, dari internet, media sosial, perjudian daring sampai belanja online.

Tarik Jasarevic, mengungkap "Didasari atas peninjauan terhadap sejumlah bukti yang ada dan mempertimbangkan persetujuan umum para ahli di seluruh dunia yang menyatakan bahwa pola perilaku main game ditandai dengan gangguan kontrol menomorsatukan game dibanding tanggung jawab yang lain dalam kehidupakan sehari-hari termasuk sekolah dan bekerja dan memenuhi janji-janji sosial"

Walau demikian, seseorang pemain game tidak serta merta disebut terserang penyakit ini. Sebab hal ini didasari dengan poin penting yakni jika game dapat mengubah para pemain sampai mengutamakan permainan ketimbang tanggung jawabnya sehari-hari.

Selain itu, kriteria lalai dari tanggung jawab pun ada batas waktunya. Sehingga gamers bisa dinyatakan terjangkit penyakit apabila sudah lalai akan tanggung jawab selama setidaknya satu tahun.

Pendapat dari WHO ini menimbullkan pro dan kontra, terutama dikalangan pegiat game dengan alasan kriteria yang digunakan oleh WHO banyak dijumpai di sejumlah kegiatan lainnya. Termasuk kecenderrungan orang untuk menggunakan internet dan mengakses media sosial, hingga melupakan tangung jawabnya.

Itulah sejumlah informasi mengenai pendapat WHO yang menetapkan kecanduan game sebagai penyakit. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment