Wednesday, July 24, 2019

10 Gejala-Gejala Penyakit Ginjal

Faniujangherbal.blogspot.com - Ginjal merupakan organ tubuh manusian yang berperan sebagai penyaring kelebihan air dan limbah dari darah yang kemudian dikeluarkan sebagai urine. Selain itu, fungsi ginjal ialah untuk membantu mengontrol tekanan darah. Sedangkan apabila salah satu organ tubuh ini mengalami kerusakan atau tidak dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya, maka seseorang yang menderita penyakit ginjal ini berisiko mati mendadak karena limbah racun yang menumpuk di dalam tubuh.



Berikut 10 gejala-gejala sakit ginjal yang harus diperhatikan:

1. Terasa dingin

Yaitu merasa kedinginan saat orang lain tidak merasakan hal yang sama. Walaupun udara sedang hangat atau panas, seseorang yang menderita sakit ginjal bisa merasa kedinginan.

2. Terasa sangat gatal

Ginjal membuang limbah dari aliran darah. Saat gagal ginjal, penumpukan limbah dalam darah mampu menyebabkan gatal yang parah.

3. Merasa pusing, ingin muntah dan lemah

Pusing dan kelelahan dapat disebabkan karena kurangnya masukan oksigen ke otak, sehingga berhubungan dengan kondisi anemia yang di sebabkan oleh gagal ginjal.

4. Mual, muntah dan perut mulas

Penderita gagal ginjal terkadang tidak dapat mengnsumsi makanan dengan baik dan memuntahkan makanan yang dimakan. Maka, saat mual mereka sering tidak mampu makan dan sulit untuk minum pil tekanan darah.

5. Tekanan ketika mengeluarkan urine

Sulit mengeluarkan urine atau perasaan adanya tekanan ketika mengeluarkan urine dapat menjadi gejala sakit ginjal.

6. Urine berbuih atau berbusa

Gagal ginjal bisa menyebabkan urine yang dikeluarkan penderita masih mengandung protein di atas normal. Hal tersebut yang membuat urine terlihat berbuih atau berbusa.

7. Warna Coklat, merah atau ungu pada urine

Seseorang yang menderita penyakit ginjal kemungkinan akan jarang buang air kecil atau dalam jumlah yang lebih kecil dari biasanya dengan urine berwarna gelap atau mengandung darah. 

8. Wajah membengakak

Rusaknya ginjal atau ginjal yang gagal tidak mengeluarkan cairan yang semestinya dikeluarkan oleh tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan penumpukan cairan tubuh dan menyebabkan pembengkakan di wajah.

9. Tangan dan kaki yang juga membengakak

Hampir sama halnya dengan wajah yang membengkak, ginjal yang gagal tidak mengeluarkan cairan ekstra, yang menumpukdi tubuh menyebabkan pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, kaki dan tangan.

10. Buang air kecil saat tengah malam hari

Sering bangun ketika malam hari untuk buang air kecil dapat menjadi gejala sakit ginjal. pada urine biasanya berwarna pucat, dan terkadang ada rasa tekanan atau kesulitan buang air kecil.

Itulah 10 gejala pada sakit ginjal yang perlu di perhatikan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment