Friday, July 19, 2019

5 Manfaat Bawang Merah

Faniujangherbal.blogspot.com - Siapa yang tidak mengenal bawang merah? Rempahan yang sering digunakan penambah rasa dalam berbagai sajian ini memiliki aroma dan rasa gurih yang kuat untuk membuat aneka sajian menjadi lebih nikmat.

Nah, ternyata tak hanya gurih, bawang merah juga mempunyai kandungan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. 



Berikut ini 5 manfaat dari bawang merah , antara lain:


1. Obat Kanker


Dilansir dari Boldsky, konsumsi bawang merah dengan teratur diyakini mampu membantu mempercepat pengobatan pada pasien penderita kanker payudara serta kanker usus. Hal ini dikerenakan bawang merah memiliki senyawa quercien dan antosianin dalam kadar tinggi yang bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan


Kandungan serat dalam bawang merah berperan sebagai sumber makanan untuk bakteri baik di usus. Adapun dengan adanya bakteri baik di usus, maka tubuh akan lebih kebal terhadap serangan bakteri jahat penyebab gangguan pencernaan. Seperti radang usus, diare, hingga kanker.

3. Menjaga kesehatan jantung


Bawang merah segar mengandung antioksidan bernama flavonoid yang mempunyai peranan penting untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Tidak hanya itu, bawang merah juga diketahui mengandung thiosulfinates dan organosulfur yang bisa memperkecil resiko penyumbatan darah penyebab serangan jantung.

4. Obat asma


Bawang merah memiliki kandungan senyawa antiinflamasi yang dapat berperan penting dalam mempercepat penyembuhan berbagai penyakit, Salah satunya ialah penyakit asma.

Dengan mengkonsumsi bawang merah secara teratur, senyawa inflamasi yang ada di dalamnya akan membantu melancarkan pernafasan yang terganggu.

5. Meningkaatkan imunitas


Kandungan selenium di dalam bawang merah memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta merangsang fungsi organ tubuh agar dapat bekerja lebih maksimal. Adapun sifat antibakteri nya bisa membantu membentengi tubuh dari virus dan bakteri penyebab infeksi.

Itulah informasi mengenai 5 manfaat bawang merah yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment