Monday, July 29, 2019

Memahami penyebab Kanker Usus Juga Faktor Resikonya

Penyebab Kanker Usus - Faniujangherbal.blogspot.com - Tahukah Anda, kanker usus ternyata merupakan penyebab kematian ketiga terbanyak di dunia, termasuk di Indonesia. Adapun dikesempatan ini, kami akan memberikan informasi mengenai penyebab kanker usus dan faktor resikonya. Simak di bawah ini.

Memahami penyebab Kanker Usus Juga Faktor Resikonya



Berikut ini sejumlah penyebab dan faktor resiko kanker usus, yaitu:

1. Usia


Berdasarkan sebuah studi menyatakan bahwa usia merupakan salah satu faktor risiko terjadinya kanker usus. Ada sekitar 90% kanker usus terjadi pada orang yang memiliki usia diatas 50 tahun. Selain itu, kanker usus juga cenderung lebih banyak menyerang laki-laki dibandingkan perempuan.

2. Obesitas


Sejumlah penelitian menunjukan ada kaitan antara obesitas dengan peningkatan risiko terjadinya beragam jenis kanker, termasuk kanker usus. Hal ini disebabkan penderita obesitas sering kali mengalami peningkatan kadar insulin dan insulin growth factor-1 (IGF-1). Adapun tingginya kadar insulin dan IGF tersebut sangat berkaitan dengan perkembangan sel-sel kanker.

3. Riwayat polip atau kanker usus dalam keluarga


Apabila Anda mempunyai orang tua atau saudara kandung yang menderita polip atau kanker usus, maka resiko Anda untuk terkena kanker usus akan semakin tinggi.

4. Kebiasaan merokok


Merokok memang diketahui bisa meningkatkan risiko munculnya sejumlah jenis penyakit kanker, yakni salah satunya kanker usus. Ini disebabkan rokok mengandung zat karsinogen yang bisa terhirup dan masuk ke dalam darah, lalu menyebabkan kanker pada paru-paru serta bagian organ lain, termasuk usus.

5. Konsumsi alkohol berlebihan


Minuman beralkohol bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker usus. Meski mekanismenya berhubungan dengan faktor risiko yang lain, seperti obesitas dan riwayat kanker usus dalam keluarga.

Masih banyak faktor-faktor lain yang juga bisa memperbesar risiko seseorang untuk terkena kanker usus misalnya terapi radiasi di bagaian perut, kebiasaan konsumsi daging merah dan olahannya, serta kurangnya aktivitas fisik atau berolahraga.

Mulai sekarang! lakukanlah pencegahan kanker usus dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Informasi rekomendasi obat kanker usus secara alami klik disini.

Sekian pembahasan mengenai penyebab kanker usus beserta faktor risikonya. Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment