Sunday, July 28, 2019

Langkah Atasi Mata Kering dan Perih

Pengobatan mata kering - Faniujangherbal.blogspot.com - Pernahkah Anda mengalami mata kering dengan disertai rasa perih? Ingin tahu cara mengatasinya? Yuk, simak informasinya di bawah ini.

Langkah Atasi Mata Kering dan Perih



Mata kering merupakan kondisi ketika mata tidak mendapat pelumasan yang memadai dari air mata. Kondisi ini membuat mata tidak bisa menghilangkan debu atau benda asing yang mengganggu mata, sehingga mata terasa sangat tidak nyaman.

Umumnya mata kering akan disertai juga dengan gejala berupa mata terasa perih atau panas, mata merah, berair, sensitif terhadap sinar matahari, penglihatan buram, dan mata akan terasa cepat lelah.

Adapun sejumlah kondisi bisa menjadi penyebab mata kering, seperti produksi air mata yang berkurang, air mata yang lebih cepat menguap, dan komposisi air mata yang tidak seimbang.

Selain itu sejumlah faktor juga bisa meningkatkan risiko mata kering yakni orang dengan usia diatas 50 tahun, mengalami perubahan hormon, kekurangan vitamin A, memakai lensa kontak.

Sebagai langkah mengatasi mata kering, penanganan yang akan diberikan akan disesuaikan dengan penyebabnya dan berbeda dari satu kondisi ke kondisi lainnya.

Pada kondisi yang parah, penanganan mata kering dan perih ini akan diberikan obat-obatan, terapi cahaya yang diikuti dengan pijatan pada kelopak mata, penggunaan lensa kontak khusus, dan operasi.

Adapun sebagai langkah mengatasi mata kering dan perih yang ringan, bisa Anda lakukan seperti berikut:
  • Hindari menggosok mata yang sakit atau terasa perih.
  • Menjaga kebersihan mata dengan menggunakan kompres hangat pada kelenjar di sekitar mata, dan menghilangkan kotoran atau minyak pada kelopak mata.
  • Melindungi mata dari penyebab mata kering seperti cuaca berangin, panas, berasap, atau berdebu (bisa gunakan kacamata)
  • Berhenti merokok.
  • Menghindari pemakaian riasan pada mata.
  • Mengatur lama kerja di depan layar komputer.
  • Konsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3.


Rekomendasi obat mata terbaik klik disini.

Sekian pembahasan mengenai langkah atasi mata kering dan perih yang dapat kami informasikan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment