Friday, June 28, 2019

Minuman Herbal Untuk Mencegah Kembung

Faniujangherbal.blogspot.com - Perut kembung itu memang dapat menghambat aktivitas kita sehari-hari, sebab akan membuat perut tidak nyaman hingga mual dan pusing.

Untuk mengatasinya, menyesap minuman herbal adalah pilihan terbaik yang mudah dilakukan. Bahan-bahan alami pada minuman herbal sudah sejak lama dikenal ampuh dalam melancarkan pencernaan. Bahkan aromanya pun akan membuat badan terasa lebih rileks.



Inilah 5 Minuman Herbal Untuk Mencegah Kembung


Berikut ini merupakan rekomendasi minuman hebal untuk menghilangkan rasa kembung di perut, yaitu:

1. Wedang jahe


Jahe sudah lama dikenal sebagai obat alternafif untuk pencernaan, termasuk dapat meredakan kembung dan begah di perut.

Menurut  jurnal Wilford Hall Medical Center yang dikeluarkan oleh US National Library of Medicine tahun 2007, mengemukakan bahwa jahe mengandung gingerol yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan.

Kandungan antioksidan mampu menghalau radikal bebas dan racun yang masuk ke dalam tubuh. Termasuk racun di dalam pencernaan.

Tidak hanya itu, gingerol juga akan menghasilkan sensasi hangat yang membuat perut terasa lebih nyaman.

2. Seduhan daun mint


Berdasarkan jurnal A Review of the Bioactivity and Potential Health Benefits of Peppermint Tea yang diterbitkan tahun 2006, mengungkapkan bahwa daun mint memiliki kandungan falvoloid yang berfungsi untuk menghambat aktivitas sel-sel di dalam usus yang bisa menimbulkan rasa begah. Sehingga mengkonsumsi daun mint juga bisa meredakan gejala kram usus dan masalah pencernaan lainnya.

3. Rendaman rempah adas


Seduhan adas yang kaya akan serat dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Gangguan susah buang air besar inilah yang sering menimbulkan rasa kembung akibat adanya tumpukan gas di perut.

Dengan begitu, seduhan adas ini merupakan alternatif terbaik untuk mengatasi kembung.

4. Teh chamomile


Chamomile memiliki sifat antiinflamasi yang berperan penting untuk melancarkan proses pencernaan. Untuk itulah, teh chamomile bisa menjadi pilihan untuk meredakan rasa tak nyaman di perut.

Minuman herbal ini juga diketahui dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan kenaikan asam lambung. Seperti diketahui, naiknya asam lambung bisa mengakibatkan rasa kembung dan mual yang mengganggu.

5. Air lemon


Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon ternyata dapat membantu meredakan rasa kembung dan mual. Hal ini karena vitamin C bersifat antioksidan, sehingga akan mencegah penumpukan racun di dalam alat pencernaan terutama usus.

Buah lemon juga kaya akan serat larut yang bisa melancarkan proses pencernaan.

Itulah sejumlah minuman herbal yang dapat mencegah dan mengatasi perut kembung, semoga apa yang telah kami sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dan keluarga.

No comments:

Post a Comment