Tuesday, June 11, 2019

Alasan Susu Menjadi Pertolongan Pertama dalam Keracunan Makanan

Faniujangherbal.blogspot.com - Mungkin kita telah banyak mendengar bahwa susu kerap dikaitkan dengan keracunan makanan. Karena itu, tidak heran mengapa banyak orang keracunan makanan yang mencari susu untuk pertolongan pertama. Tetapi apakah benar susu merupakan hal yang tepat untuk pertolongan pertama kasus keracunan makan? Kemudian apakah semua jenis susu bisa digunakan?




Direktur Southeast Asian Food & Agricultural Science & Technology (SEAFEST), Prof. Nuri Andarwulan mengungkapkan bahwa dalam susu terdapat 2 senyawa protein, yakni rantai panjang dan pendek. Adapun protein ini kemudian dihancurkan hingga menjadi asam amino yang di serap oleh tubuh.

Beliau juga menambahkan bahwa senyawa yang pendek memiliki manfaat lebih. Senyawa ini kemudian dihancurkan hingga menjadi asam amino yang fungsinya untuk meningkatkan imunitas, antimikroba, dan penangkal racun.

Susu beruang untuk netralisir racun


Salah satu susu yang sering menjadi pertolongan utama untuk keracunan ialah susu beruang. Selain manfaatnya yang sangat banyak, produk susu keluaran nestle ini sebenarnya memang merupakan susu sapi steril yang unik karena penamaannya tersebut.

Sterilisasi susu dilakukan dengan cara memanaskan susu hingga di atas titik didih. Sebab itulah bakteri, kuman, spora pada susu mati pada keadaan ini.

Prof. Nuri mengungkapkan kembali bahwa keadaan susu dengan mikroba awalnya yang sangat rendah karena proses sterilisasi ini yang membuat susu ini berbeda. Sehingga kita bisa mendapatkan manfaatnya untuk antimikrobanya tanpa memasukan antibakteri atau kuman lain ke dalam tubuh.

Itulah pembahasan informasi mengenai alasan susu menjadi pertolongan pertama dalam keracunan makanan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment