Tuesday, June 11, 2019

Makanan Penyebab Sembelit

Faniujangherbal.blogspot.com - Sembelit merupakan salah satu gangguan pencernaan yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini akan menyebabkan perut terasa tidak nyaman, gangguan susah buang air besar hingga dapat meningkatkan risiko terkena wasir dan sobeknys kulit anus yang bisa membahayakan kesehatan.




Sejumlah faktor bisa menyebabkan seseorang terkena sembelit seperti kurangnya konsumsi air putih, pengaruh obat-obatan, sampai pengaruh depresi. Bahkan sejumlah makanan ternyata bisa juga mempengaruhi frekuensi buang air besar menjadi tidak beraturan.

Dilansir dari Boldsky, berikut merupakan makanan yang menyebabkan susah buang air besar jika dikonsumsi secara berlebihan, antara lain:

1. Makanan cepat saji


Mengkonsumsi makanan cepat saji ternyata bisa memperbesar risiko terkena sembelit. Makanan cepat saji seperti burger dan pizza tidak mempunyai kandungan serat yang cukup sehingga akan sulit di cerna oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan cepat saji dalam jumlah banyak tentu akan menyebabkan ganguan buang air besar.

2. Daging merah


Daging merah seperti daging sapi, kambing, dan babi mengandung zat besi tinggi yang dapat menyebabkan fases menjadi padat dan keras. Bahkan daging merah juga mengandung sedoikit serat, sehingga akan mempengaruhi frekuensi buang air besar jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Makanan kalengan


Diketahui makanan kalengan mengandung bahan tambahan sseprti pengawet, penambah rasa, dan gula yang kurang baik jika dikonsumsi secara berlebih. Tidak hanya itu, makanan kalengan yang rendah serat juga akan menyebabkan sistem pencernaan terganggu serta membuat fases menjadi keras.

4. Kopi


Ternyata terlalu sering mengkonsumsi kopi bisa menyebabkan sistem pencernaan melambat yang brdampak pada meningkatnya ridiko sembelit. Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang akan menyebabkan berkurangnya cairan di dalam usus sehingga menyebabkan fases mengeras.

5. Makanan tinggi lemak


Makanan berlemak baik seperti telur, alpukat, dan kacang memang baik dikonsumsi untuk meningkatkan sistem metabolisme serta menghasilkan energi. Meski begitu, kandungan seratnya yang sedikit akan menyebabkan fungsi pencernaan menurun sehingga risiko terkena sembalit pun akan meningkat.

Demikianlah informasi mengenai beberapa makanan penyebab sembelit. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment