Tuesday, February 12, 2019

8 Manfaat Buah Anggur Untuk Kesehatan

Manfaat Anggur - faniujangherbal.blogspot.com - Warna buah anggur ada yang hijau, merah, atau hitam. Bukan hanya rasanya yang enak, di ketahui juga bahwa manfaat anggur untuk kesehatan juga sangatlah banyak. Manfaat anggur bisa di dapatkan baik dari saat dimakan mentah maupun setelah dioleh menjadi jus, selai, jelly, serta bentuk olahan lainnya.

Beragam Manfaat Buah Anggur untuk Kesehatan


Di dalam buah anggur terkandung polifenol. yaitu senyawa pemberi warna cerah pada buah. Terdapat pula kandungan antioksidan polifenol dalam buah yang telah ditanam sejak 6.000-8.000 tahun lalu ini, memberi tubuh perlindungan dari penyakit dan kerusakan akibat faktor lingkungan, dan tentunya bisa membantu melawan radikal bebas.

Berikut ini terdapat sejumlah manfaat dari buah anggur yang bisa di rasakan, diantaranya:

1. Mengatasi gangguan pembuluh darah dan jantung


Kandungan polifenol pada buah anggur diyakini mampu membantu mencegah gangguan jantung, melawan radikal bebas, mempunyai efek anti radang dan antiplatelet yang mampu menurunkan risiko terjadinya tekanan darah tinggi dan aterosklrerosis, serta menunjang fungsi endotel.

2. Mencegah penyakit kanker


Kulit dan ekstrak biji buah anggur mengandung bahan alami yang dapat membantu memperlambat atau mencegah berbagai jenis kanker, termasuk mulut, esofagus, faring, paru-paru, usus besar, pankreas, endometrium, dan juga prostat.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi


Berdasarkan penelitian, kandungan antioksidan yang tinggi pada buah anggur dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Bahkan disebutkan juga bahwa buah anggur mempunyai kandungan kalium, sehingga mampu menghilangkan efek natrium di dalam tubuh, sehingga tekanan darah tinggi dapat dikurangi.

4. Mengurangi gejala insufisiensi vena kronis


Ekstrak biji buah anggur juga dapat membantu mengurangi gejala insufiensi vena kronis. Seperti kaki terasa berat, tegang, lelah, nyeri, dan kesemutan.

5. Meningkatkan daya ingat


Terdapat penelitian yang menunjukan bahwa buah-buahan yang kaya akan antioksidan dapat membantu mengurangi stres oksidatif sehingga dapat memperlambat penuaan, mampu meningkatkan kinerja memori verbal dan fungsi motorik, serta mengatasi gangguan saraf otak, misalnya pada penyakit alzhaimer..

6. Melindungi retina mata


Penelitian juga mengungkapkan bahwa buah anggur yang dikonsumsi secara teratur dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pada retina mata, seperti degenerasi makula. Dengan mengonsumsi ekstrak biji anggur juga bisa membantu mengurangi stres pada mata akibat melihat sinar yang terlalu terang.

7. Mengurangi risiko diabetes


Hasil penelitian menunjukan dengan mengonsumsi 3 porsi anggur, blueberry kismis, apel, atau pir per minggu, bisa mengurangi risiko diabetes tipe-2. Anggur termasuk buah yang tinggi kandungan antioksidan, sehingga dipercaya sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

8. Memperlambat penuaan


Dengan kandungan resveratrol di dalam buah anggur menjadikannya bermanfaat dalam membantu mencegah penyakit degeneratif , mengaktifkan gen panjang usia dan membantu sel hidup lebih lama. Selain itu, anggur juga mengandung lemak tak jenuh ganda, seperti asam lemak esensial linolenat yang memiliki fungsi untuk mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas kulit.

Terdapat beragan manfaat buah anggur bagi kesehatan yang sangat disayangkan jika terlewatkan. Untuk itu, selalu masukkan buah anggur dalam daftar menu makanan sehat sehari-hari.

Itulah penjelasan mengenai manfaat buah anggur bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment