Tuesday, February 12, 2019

Cara Mudah Mengendalikan Alergi


Langkah Penanganan Alergi - faniujangherbal.blogspot.com - Dermatitis kontak alergi adalah kondisi terjadinya reaksi peradangan atau gatal saat kulit bersentuhan dengan benda asing tertentu, gejala gatal alergi tersebut muncul di bagian tubuh yang terpapar langsung dengan benda atau zat asing pemicu alergi.

Penyebab Munculnya Gatal Alergi


Sejauh ini ada lebih dari 3000 zat atau benda yang terbukti dapat menimbulkan reaksi gatal alergi pada seseorang. Beberapa benda yang umumnya menjadi faktor pemicu munculnya gatal alergi, ialah:

  • Pewarna.
  • Sinar UV.
  • Alkohol dan parfum atau pewangi. 
  • Obat-obatan yang dioleskan pada kulit, seperti obat antibiotik.
  • Jenis tanaman tertentu Khususnya jelatang (poison ivy) dan serbuk.
  • Lateks, bahan dasar pembuat sarung tangan karet, balon, dan kondom.
  • Produk pembersih pakaian, seperti deterjen dan pelembut pakaian.
  • Nikel, logam yang biasanya digunakan sebagai campuran perhiasan maupun kancing pada celana jeans.
  • Produk perawatan tubuh, seperti sampo, deodorant, sabun perawatan tubuh, cat kuku, cat rambut, lotion, dan krim tabir surya.


Cara Mengatasi Gatal Alergi Tanpa Obat


Berikut adalah langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasi gatal alergi, di antaranya:

Jangan menggaruk


Menggaruk tidak akan meredakan gatal yang melanda kulit, tetapi justru memperparah keadaan kulit. Menggaruk kulit yang gatal juga bisa menyebabkan iritasi dan infeksi. Untuk menghindari keinginan menggaruk, tutuplah kulit yang sedang gatal dengan pakaian yang nyaman. Tindakan pencegahan lainnya adalah dengan memotong kuku dan memakai sarung tangan di malam hari.

Mandi air dingin


Mandilah dengan air dingin untuk mengurangi rasa gatal akibat alergi. Agar makin efektif dalam meredakan gatal, tambahkan baking soda atau produk mandi berbahan oatmeal ke dalam bak mandi sudah berisi air dingin.

Kompres dengan air dingin


Meredakan gatal karena alergi bisa dilakukan dengan kompres air dingin. Tutuplah bagian kulit yang gatal dengan kain yang sudah dibasahi dengan air dingin atau air es guna melindungi kulit sekaligus mencegah terkena garukan. Lakukan langkah ini sekitar 5-10 menit hingga rasa gatal mereda. Suhu dingin dapat membantu mengurangi rasa gatal.

Mengetahui faktor pencetus dan menghindarinya


Banyak orang berfokus pada penggunaan obat-obatan untuk mengobati gatal alergi. Sebenarnya, hal terpenting dalam langkah penanganan gatal karena alergi adalah mencari tahu faktor pencetus munculnya gatal alergi dan menghindarinya sebisa mungkin. Dengan mengetahui faktor pencetus gatal alergi, kemunculan gejala dapat dihindari dan tidak selalu membutuhkan obat.

Apabila gatal tidak kunjung reda, bisa dengan obat anti gatal. Tetapi gunakan obat anti gatal yang mengandung bahan dasar hidrokortison atau calamine. Bila perlu, mengonsumsi obat antihistamin juga dapat meredakan gatal alergi, tetapi dosis dan penggunaannya perlu disesuaikan dengan resep dokter.

No comments:

Post a Comment