Monday, February 11, 2019

Mengetahui Fungsi Penting Organ Lambung

Ketahui Fungsi Lambung di Sini


Pengertian Lambung

Lambung merupakan organ bagian dari sistem pencernaan yang berotot menyerupai huruf J, terletak di sisi kiri perut bagian atas, dan ukurannya bisa bervariasi pada setiap orang. 

Lambung terhubung antara dua saluran di kedua ujungnya. Bagian ujung atas lambung tersambung dengan esofagus atau kerongkongan, yaitu saluran seperti tabung yang menghubungkan mulut ke lambung. Daerah di mana kerongkongan beralih menjadi lambung  (katup gastroesofageal).

Sementara bagian ujung bawah terhubung dengan usus halus, ialah organ yang menyerupai selang, memanjang dari bagian akhir lambung hingga ke usus besar. Bagian usus halus yang langsung terhubung dengan lambung (usus dua belas jari/duodenum).

Bagian Penting dari Lambung 


Lambung terdiri dari 5 bagian penting, yakni:
  • Kardiak berperan untuk mencegah isi lambung masuk ke kerongkongan kembali.
  • Fundus ialah bagian lambung biasanya berisi udara yang masuk saat menelan. Di bagian ini lambung menghasilkan zat pepsinogen yang akan diubah menjadi pepsin (enzim pencerna protein).
  • Badan lambung yaitu bagian di mana makanan mulai diproses dan dicerna. Di bagian ini asam lambung diproduksi.
  • Antrum, bagian bawah lambung dekat dengan usus dua belas jari. Di sini makanan akan diproses dan bercampur dengan cairan lambung. Kemudian makanan akan disimpan sementara sebelum didorong ke usus dua belas jari.
  • Pilorus merupakan bagian akhir dari lambung, yang terhubung dengan usus halus. Di sini terdapat katup yang berperan untuk mencegah makanan yang berada di duodenum agar tidak kembali ke lambung.

Di lambung juga terdapat lapisan yang menyusun dindingnya, diantaranya:
  • Lapisan luar disebut dengan propria muskularis atau jaringan otot, yaitu lapisan yang menutupi submukosa.
  • Di lapisan terluar dari organ lambung ialah serosa, membran berserat yang menutupi bagian luar lambung.
  • Lapisan terdalam lambung adalah mukosa. Di sini, cairan lambung dan enzim pencernaandibuat.
  • Di Lapisan berikutnya adalah lapisan submukosa. Lapisan ini terdiri dari jaringan ikat yang mengandung pembuluh darah, kelenjar getah bening, dan sel-sel saraf.

Fungsi Lambung


Fungsi lambung sangat penting bagi tubuh manusia. Nutrisi pada makanan dan minuman yang dikonsumsi akan masuk ke dalam lambung, diolah, serta disimpan sementara sebelum diedarkan ke seluruh tubuh. 

Berikut fungsi utama lambung:

  • Memecah, mengolah, dan memroses makanan

Di dalam lambung yang berfungsi memecah makanan ialah asam lambung. Juga terdapat otot-otot yang kuat, yang berfungsi untuk mengaduk makanan dengan cairan lambung agar tercerna dengan rata. Asam lambung dan enzim pencernaan, dihasilkan oleh kelenjar yang terdapat pada dinding lambung. Enzim pencernaan diperlukan untuk memecah lemak, protein, dan karbohidrat menjadi molekul yang lebih kecil, sehingga mudah diserap oleh tubuh. Selain untuk memecah makanan, asam lambung atau asam hidroklorida juga berperan untuk membunuh bakteri yang masuk bersama dengan makanan.
  • Menampung makanan

Saat makan, makanan yang masuk ke dalam mulut akan melewati tenggorokan dan kerongkongan ketika ditelan. Kemudian, makanan yang masuk tersebut akan disimpan sementara, yaitu sekitar dua jam atau lebih, di dalam lambung.

  • Mendorong dan meneruskan makanan ke usus

Setelah makanan diolah dan diproses, kemudian otot lambung akan berkontraksi untuk mendorong makanan yang telah selesai diproses tersebut ke usus dua belas jari, melalui katup di bagian ujung bawah lambung yang disebut dengan pilorus. Katup ini berperan untuk mencegah makanan yang sudah masuk ke usus dua belas jari, naik kembali ke lambung.

Artikel kesehatan lainnya klik disini.

Apabila mengalami gangguan pada fungsi lambung, segera periksakan diri ke dokter agar dapat diberikan penanganan yang tepat.

No comments:

Post a Comment