Saturday, February 9, 2019

Cara Mencegah dan Menangani Batu Ginjal

Kesehatan Ginjal - faniujangherbal.blogspot.com - Batu ginjal merupakan endapan mineral menyerupai batu yang terbentuk di dalam ginjal, dan bisa mengalir melalui saluran kemih. Adapun dengan mengenal cara mengobati batu ginjal dapat membantu Anda menghindari komplikasi yang berbahaya.

Ketahui Cara Mencegah dan Penanganan Batu Ginjal yang Tepat



Umumnya batu ginjal baru irasakan saat batu ginjal bergerak atau menyumbat saluran dalam ginjal atau saat batu tersebut mengalir terbawa urine dari ginjal ke sauran kemih.

Kemungkinan gejala yang timbul berupa nyeri pinggang atau punggung bawah, nyeri saat buang air kecil, nyeri di sekitar pangkal paha, urine yang berwarna merah, cokelat, atau merah muda, serta mual dan muntah.

Beragam Cara Mengobati Batu Ginjal


Penyakit batu ginjal dapat diobati dengan sejumlah cara, bergantung pada ukuran dan juga penyebabnya. Dalam mengatasi batu ginjal yang berukuran kecil, Anda bisa mengonsumsi air putih sebanyak 2-3 liter atau 8-10 gelas per harinya. Cara ini dapat membantu membilas endapan batu ginjal berukuran kecil dari ginjal dan saluran kemih Anda.

Selain dengan mengonsumsi air putih, batu ginjal juga dapat ditangani dengan cara di bawah ini:

  • Mengonsumsi obat pereda rasa sakit

Saat batu ginjal bergerak dari ginjal ke saluran kemih, Anda mungkin akan merasakan sakit di saluran kemih. Pada keadaan ini, Anda dapat mengonsumsi paracetamol atau pereda nyeri lainnya sesuai anjuran dokter, untuk meredakan rasa sakit/nyeri yang di alami.

  • Menjalani pengobatan medis

Untuk membantu mengatasi batu ginjal, biasanya dokter akan memberikan obat-obatan golongan alpha blocker. Pengobatan ini memiliki fungsi untuk melemaskan  otot saluran kemih, sehingga dapat memudahkan batu ginjal untuk keluar dari dalam tubuh tanpa rasa sakit.

  • Mengonsumsi obat herbal

Sebagai pengobatan alternatif, Anda juga dapat mengonsumsi obat herbal. Seperti mengonsumsi obat herbal yang mengandung daun kejibeling dan daun tempuyung atau obat herbal yang terbuat dari ekstrak teripang emas. Hal ini karena kandungan dari obat herbal tersebut terdapat senyawa bioaktif flavonoid dan diyakini mempunya khasiat untuk mengatasi batu ginjal.

Cara Mencegah Batu Ginjal Sebelum Terlambat


Sebelum terjadi pembentukan batu ginjal di dalam tubuh, ada baiknya Anda memulai menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat.

Berikut ini merupakan cara yang dapat dilakukan untuk mencegah batu ginjal, di antaranya:

  • Mencukupi minum air putih

Hal ini bisa membantu membilas endapan batu ginjal berukuran kecil dari ginjal dan saluran kemih.

  • Rutin berolahraga

Aktivitas olahraga bisa membuat otot-otot untuk bergerak secara berulang serta dapat membuat Anda berkeringat. sehingga sangat baik untuk kesehatan ginjal.

  • Perbanyak makanan berkalsium tinggi

Sejumlah  makanan yang tinggi kalsium, antara lain sayuran hijau seperti bayam, brokoli, atau bok choy, juga ikan sarden dan ikan salmon.

  • Kurangi konsumsi garam

Kandungan garam di dalam urine yang terlalu banyak bisa menghambat penyerapan kalsium dan meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

  • Hindari suplemen vitamin C

Kebiasaan mengonsumsi suplemen vitamin C bisa menyebabkan risiko batu ginjal meningkat. Lebih baik pilih makanan yang mengandung vitamin C secara alami.

  • Batasi konsumsi protein hewani

Hindari makanan yang berprotein hewani seperti daging unggas, babi, dan beberapa jenis ikan bersifat asam. Apabila kandungan asam pada urine meningkat, risiko terbentuknya batu ginjal pun meningkat.

Organ ginjal mempunyai tugas yang sangat penting bagi tubuh, maka menjaga kesehatan ginjal tidak boleh diabaikan.

Demikianlah informasi yang bisa disampaikan mengenai cara mencegah dan penanganan batu ginjal. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi kesehatan ginjal Anda.

No comments:

Post a Comment