Sunday, February 10, 2019

Cara Menjaga Fungsi Otak Besar

Kesehatan Otak - faniujangherbal.blogspot.com - Otak merupakan organ vital yang mempunyai peran penting untuk mengatur kinerja setiap sistem tubuh manusia. Secara umum otak besar berfungsi sebagai pusat saraf yang mengatur dan mengendalikan sebagian besar organ tubuh. Sedangkan fungsi utama lainnya memproses, menerima, dan mengirim informasi serta memungkinkan untuk merasakan, bergerak dan berpikir.

Tips Menjaga Fungsi Otak Besar


Untuk menjaga fungsi otak agar tetap bekerja dengan baik dan optimal ada beragam cara. Sebenarnya ada beberapa aktivitas untuk melatih daya ingat dan mengasah kemampuan otak yang perlu dilakukan dalam keseharian selain hanya mengonsumsi makanan sehat.Upaya untuk mencegah terjadinya kerusakan pada otak dan beberapa kondisi yang memengaruhi otak seperti demensia, stroke, dan penyakit alzheimer.

Berikut Cara Menjaga Fungsi Otak:


Melatih daya ingat.

Salah satu fungsi otak kanan adalah kemampuan mengingat, untuk menjaga atau meningkatkan kemampuannya adalah dengan melatih daya ingat tersebut. Dengan cara seperti menggambar denah atau peta suatu lokasi yang baru diketahui, buatlah daftar atau jadwal hal-hal yang perlu dilakukan dalam satu hari, kemudian cobalah untuk mengingatnya.

Bermain permainan asah otak.

Fungsi otak yang terpenting adalah mendorong otak untuk beraktivitas. Otak yang jarang beraktivitas kelamaan akan semakin lemah kinerjanya. Mencegahnya dengan melakukan kegiatan yang menghibur dan mengasah otak seperti bermain teka-teki silang, puzzle, sudoku atau mencoba senam otak diperkirakan akan adanya peningkatan fungsi kognitif otak seperti perhatian, penalaran dan memori pada orang yang mengasah otak. 

Membaca, menonton, dan membahas sesuatu.

Mendiskusikan apa yang dibaca dan dilihat kepada orang lain, akan membantu memahami informasi tersebut lebih dalam. Berbicara atau mendiskusikan sesuatu dengan orang lain memiliki manfaat baik untuk menjaga fungsi otak sekaligus menjadi sarana untuk bersosialisasi.

Belajar bahasa asing.

Semakin banyak kosakata yang ditabung, risiko mengalami penurunan kemampuan kognitif juga akan berkurang. Bahkan penelitian menunjukkan kemampuan berbahasa bilingual dapat menunda gejala Alzheimer dan penuaan pada otak secara signifikan.

Kurangi stres.

Stres berkepanjangan memiliki dampak buruk bagi kesehatan mental dan juga fungsi otak. Cara menjaga fungsi otak yang juga tidak kalah penting dengan mengurangi stres. Seperti mencoba relaksasi, meditasi, yoga, berkumpul bersama teman dan kerabat, atau cuti sejenak dari pekerjaan untuk mengurangi stres dan memberi waktu istirahat untuk otak.

Mengonsumsi makanan untuk otak.

Konsumsilah makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dan antioksidan seperti sayuran, kacang-kacangan, buah, serta ikan (sardin dan salmon). Asam lemak ini berperan dalam meningkatkan fungsi otak, mencegah penurunan fungsi otak, dan mengurangi peradangan pada sel saraf otak.Sedangkan antioksidan bertindak melawan stres dan peradangan yang berkontribusi pada penuaan otak dan penyakit neurodegeneratif. Sementara itu, konsumsi juga makanan yang mengandung magnesium, seperti alpukat, coklat hitam, kacang almond, pisang, dan tahu. Mineral ini dipercaya dapat meningkatkan memori dan kemampuan belajar.

Mulailah menjaga dan meningkatkan fungsi otak besar. Lakukan beberapa cara di atas, dan konsumsilah makanan yang baik untuk otak, agar kesehatan dan ketajaman otak tetap terjaga hingga lanjut usia.

No comments:

Post a Comment