Friday, February 8, 2019

Jenis Penyakit Berbahaya pada Perokok

Info kesehatan - faniujangherbal.blogspot.com - Apabila saat ini Anda masih merokok, ada baiknya pertimbangkan agar segera berhenti. Telah banyak sekali peringatan mengenai penyakit pada perorok yang tersebar luas di media. Adapun risiko paling umum ialah bisa merusak jaringan paru dan saluran pernapasan.

Penyakit pada Perokok yang Berbahaya Bagi Kesehatan



Kebanyakan perokok berkelit dengan mengatakan tubuhnya sehat-sehat saja. Hal ini menyebabkan mereka tidak termotivasi menghentikan kebiasaan tersebut. Faktanya, ada banyak jenis penyakit pada perokok yang tidak ringan, akibat merokok selama bertahun-tahun.

Beragam Penyakit pada Perokok yang Patut Diwaspadai


Sangat perlu Anda ketahui bahwa rokok mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia yang bisa masuk ke paru-paru. Dari ribuan bahan tersebut, 250 diantaranya termasuk ke dalam kelompok bahan-bahan berbahaya, terdapat 69 diantaranya dapat menjadi pemicu kanker seperti benzene, arsenik, nikel, vinil klorida, kadmium, dan kromium.

Rokok juga mempunyai kandungan nikotin yang tidak sedikit. Kandungan nikotin terhadap perokok berisiko meningkatkan tekanan darah, mengurangi kadar oksigen ke jantung, meningkatkan detak jantung, dapat merusak bagian dalam pembuluh darah, termasuk yang berada di dalam jantung.

bahkan tidak hanya itu, masih terdapat berbagai penyakit pada perokok yang juga sangat berbahaya. Di antaranya:

Kanker Paru


Merokok merupakan salah satu penyebab utama terjadinya penyakit kanker paru yang sebagian besar sangat berujung pada kematian. Jika Anda semakin banayak merokok, maka semakin besar pula risikonya. Untuk itu, kerusakan di jaringan paru-paru akan melambat dan kemudian berhenti seiring Anda berhenti merokok.

Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)


Emfisema, bronkitis kronis atau kombinasi keduanya termasuk pada penyakit PPOK / chronic obstructive pulmonary disease (COPD). Adapun pada emfisema, dinding yang membatasi kantong udara (alveolar septa) menjadi rusak mengakibatkan kantung udara (alveoli) menjadi lebih besar dan jumlahnya berkurang. Hal ini akan mengganggu pertukaran oksigen dan karbondioksida. Dan pada perokok yang telah menderita emfisema, seluruh bagian dada bisa membesar.

Sindrom gangguan pernapasan akut


Penyakit yang lebih dikenal dengan nama acute respitory distress syndrome (ARDS) ialah keadaan yang menyebabkan cairan bocor ke paru-paru sehingga menghalangi oksigen masuk ke organ-organ tubuh Anda. Penyakit ini tergolong berat sebab bisa mengancam jiwa. Adapun perokok aktif dapat berisiko mengalami sindrom gangguan pernapasan akut.

Penyakit pneumonia


Penyakit ini merupakan penyakit infeksi pada paru yang menyebabkan peradangan pada kantung udara di paru-paru. Orang yang sudah lama merokok aktkif sangat berisiko mengalami pnemonia dan masalah paru-paru lainnya di masa mendatang.

Penyakit jantung koroner


Pada penderita penyakit jantung koroner, sebagian besar adalah para perokok aktif. Penyakit ini merupakan istilah yang menggambarkan apa yang terjadi saat suplai darah jantung Anda tersumbat atau terganggu oleh penumpukan substansi lemak di arteri koroner. Dengan seiringnya waktu, dinding-dinding arteri Anda bisa menjadi penuh dengan tumpukan lemak.

Sebenarnya masih banyak penyakit pada perokok aktif yang akan terjadi yang bisa mempengaruhi kesehatan tulang, gigi, infertilitas, serta juga berisiko penyakit rematik dan diabetes tipe 2. Pada ibu hamil yang merokok, terdapat berbagai risiko yang terjadi yaitu berat badan lahir rendah, kelahiran prematur, sindrom kematian bayi mendadak  (sudden infant death syndrome/SIDS) bahkan keguguran.

Di tingkat keparahan tertentu, penyakit pada perokok diatas umumnya akan berujung kepada kematian. Karena itu, sangat disarankan untuk Anda agar segera berhenti merokok untuk mencegah penyakit pada perokok yang bisa membahayakan kesehatan Anda.

Sekian pembahasan mengenai jenis penyakit berbahaya pada perokok. Semoga apa yang telah kami sampaikan bisa bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment