Tuesday, February 12, 2019

Terapi Jeruk Nipis Bagi Kesehatan

Terapi Kesehatan - faniujangherbal.blogspot.com - Tempat pertama tumbuhnya jeruk nipis diperkirakan dari daerah Indonesia dan juga negara-negara di Asia Tenggara. Dengan begitu, tidak heran bahwa buah ini banyak digunakan sebagai pelengkap makanan dan juga minuman, termasuk terapi jeruk nipis untuk membantu mengatasi gangguan kesehatan.

Yuk, Coba Terapi Jeruk NipisUntuk Menjaga Kesehatan




Salah satu terapi jeruk nipis yang umum dilakukan adalah dengan cara menambahkan jeruk nipis ke dalam minuman atau makanan. Adapun jeruk nipis mempunyai berbagai manfaat bagi kesehatan, dimulai dari membersihkan air putih dan melawan bakteri, hingga membersihkan wajah dari jerawat.

Beragam Manfaat Dari Terapi Jeruk Nipis


Ada berbagai manfaat terapi jeruk nipis terhadap kesehatan yang sayang untuk dilewatkan, di antaranya:

  • Membunuh bakteri yang berbahaya

Sebuah studi menyebutkan bahwa jeruk nipis mempunyai manfaat dalam membunuh bakteri berbahaya, seperti E.Coli yang mencemari air minum. Hal ini karena jeruk nipis merupakan sumber vitamin C dan antioksidan. 

Adapun caranya ialah menambahkan jeruk nipis pada air dan biarkan air tersebut terpapar sinar matahari selama sekitar 30 menit untuk membersihkan bakteri. Berbeda apabila hanya dengan mengandalkan sinar matahari saja tanpa campuran jeruk nipis, waktu yang diperlukan untuk membersihkan air dari kuman dapat sampai enam jam.

  • Menjaga kesehatan dinding arteri

Sangatlah penting untuk menjaga arteri agar tetap sehat. Hal ini karena arteri yang sehat mampu membawa darah dari jantung ke organ-organ tubuh secara optimal. Antioksidan mempunyai peran dalam menjaga arteri Anda untuk sehat.

Berdasarkan studi, kulit jeruk nipis mengandung antioksidan tinggi yang bisa mencegah proses atherogenesis, yaitu penumpukan plak di dinding arteri. Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengolahnya menjadi jus jeruk nipis.

  • Menyembuhkan jerawat


Terapi jeruk nipis memiliki potensi dapat menghilangkan jerawat, termasuk saat hamil. Hal ini di dasarkan pada kandungan asam hidroksida alfa (AHA) dalam jeruk nipis. Kandungan ini mampu membantu membuka sumbatan pada pri-pori dan mengangkat sel kult mati, saat dioleskan langsung pada kulit. Bahkan asam hidroksida alfa ini mempunyai efek antibakteri.

Cara pemakaiannya sangat mudah, yaitu cukup dengan memeras jeruk nipis kemudian oleskan langsung pada kulit wajah yang berjerawat menggunakan kapas. Biarkan selama 10 menit atau hingga kering, lalu bilas dengan air.

Ada yang perlu Anda ingat, mengoleskan air perasan jeruk nipis secara langsung pada kulit sebaiknya dilakukan secara hai-hati. Selain itu, disarankan juga untuk melakukan tes alergi terlebih dahulu sebab sebagian orang mempunyai kulit yang sensitif terhadap air perasan jeruk nipis ini. Apabila timbul reaksi alergi atau iritasi di kulit, maka kulit akan menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Silahkan lakukan terapi jeruk nipis ini, karena mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan. Sekian informasi dari kami, semoga dapat bermanfaat.

No comments:

Post a Comment