Thursday, February 7, 2019

Langkah Menjaga Persendian

Informasi Sehat Sendi - faniujangherbal.blogspot.com - Memiliki persendian yang sehat akan membuat tubuh dapat menekuk, berputar, dan melakukan kegiatan lainnya. Umumnya menjaga persendian agar tetap sehat bisa dilakukan dengan membiasakan postur tubuh yang baik, melengkapi kebutuhan nutrisi, serta dapat bergerak aktif. Adapun selengkapnya, bisa Anda simak berikut ini.

Menjaga Persendian Tetap Sehat Agar Dapat Selalu Bebas Bergerak




Persendian adalah area di antara dua tulang. Bagian tubuh ini berada di beberapa tempat. Seperti di siku, jari tangan, pergelangan tangan, bahu, tulang belakang, panggul, rahang, pangkal paha, kaki, lutut, dan juga antara tulang dada dan tulang selangka.

Umumnya persendian ini terdiri dari jaringan ikat dan tulang rawan, beserta cairan sinoval yang berfungsi sebagai lubrikasi. Persendian mempunyai fungsi yang penting dalam tubuh, yaitu menghubungkan tulang agar bagian tubuh bisa bergerak.

Namun pada faktanya, cedera dan pertambahan usia bisa membuat tulang rawan aus, hingga menimbulkan reaksi yang bisa merusak sendi dan membuat radang sendi. Dengan mengetahui krusialnya fungsi persendian, tak berlebihan jika dikatakan bagian tubuh yang satu ini harus dirawat dan dijaga kesehatannya agar selalu berfungsi dengan baik. Sebagai caranya, bisa dengan melakukan sejumlah langkah berikut:

Menjaga Berat Badan Ideal


Pada dasarnya kelebihan berat badan akan memberikan tekanan ekstra di persendian melebihi kapasitas normalnya. Hal itu dapat menyebabkan persendian menjadi lemah dan rusak, khususnya pada persendian yang menahan berat badan seperti punggung, pinggul, dan lutut. Cara penanganan yang tepat ialah dengan menurunkan berat badan. Sehingga bisa mengurangi tekanan di berbagai persendian tersebut dan membantu mencegah cedera sendi.

Banyak bergerak, tapi jangan berlebihan


Ketika Anda kurang bergerak maka sendi akan menjadi kaku. Dengan begitu, banyak gerak dan rutin oklahraga bisa membantu menjaga otot-otot di sekitar sendi tetap kuat dan berfungsi dengan baik. Akan tetapi, ada yang harus diperhatikan ketika Anda berolahraga, yaitu:
  • Memakai alat pelindung (helm, bantalan lutut, siku, pergelangan tangan). Ini dilakukan agar sendi terhindar dari cedera atau luka. Pelindung pada siku, tangan, dan pergelangan tangan juga bisa mengurangi hentakan sendi ketika berakivitas. Anda bisa menggunakan alat pelindung ketika bersepeda, mengendarai motor, memakai sepatu roda, dan berbagai aktivitas berisiko lainnya. Luka ringan atau cedera serius dapat merusak tulang rawan di persendian, hingga menyebabkan masalah jangka panjang.
  • Pemanasan dan peregangan sebelum olahraga. Hal ini dapat memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh dan persendian serta melemaskan gerakan sendi sehingga mencegah sendi terkikis, sekaligus mencegah kram otot.
  • Jangan berlebihan. Dengan terlalu sering / berolahraga terlalu berat justru bisa merusak persendian.

Menjaga Postur Tubuh yang Baik


Biasakan untuk duduk, berdiri, dan berjalan secara wajar agar berat badan terbagi dengan merata dan tubuh menjadi seimbang. Selain itu, biasakan diri juga dengan postur tubuh yang baik seperti pundak sejajar, dada tegak, perut sedikit ditarik ke dalam, dan telapak kaki menghadap ke depan.

Mengangkat Benda Berat Dengan Benar


Saat mengangkat benda yang berat dengan posisi yang tidak benar bisa menimbulkan kerusakan pada persendian. Benda berat ini memberi beban ekstra di sendi, sehingga lebih rentan terhadap cedera dan kerusakan.

Adapun ketika Anda mengangkat benda berat, tekuklah lutut hingga dalam posisi jongkok. Lalu luruskan kaki untuk mengangkat benda tersebut. SSelain itu, Anda disarankan untuk tidak mengangkat benda berat dengan membungkuk atau mengangkatnya setinggi bahu.

Mengonsumsi Makanan yang Baik untuk Persendian


Berikut ini merupakan sejumlah makanan yang baik untuk kesehatan sendi, antara lain:
  • Buah-buahan dan sayuran yang kaya antioksidan seperti jeruk, delima, bluberi, ceri, blackberry, nanas, tomat, paprika, pakcoy, brokoli, dan bayam.
  • Makanan yang kaya kalsium dan vitamin D. Seperti ikan sarden atau salmon dan susu.
  • Makanan yang bisa mencegah atau mengurangi inflamasi (peradangan). Seperti kacang walnut, oatmeal, dan kunyit.

Anda disarankan untuk mengurangi makanan dan minuman yang mengandung banyak lemak, alkohol, garam, dan gula seperti bir, soda, dan daging olahan.

Suplemen Sendi


Ada banyak orang yang sering mengonsumsi suplemen sendi yang mengandung glukosamin dan kondrotin untuk menjaga kesehatan persendiannya. Suplemen ini bisa mengurangi nyeri osteoarthritis pada beberapa orang.

Melakukan penjagaan kesehatan pada persendian memangsangat penting mengingat sendi yang sehat akan memudahkan Anda untuk berjalan, berlari, berolahraga, melompat, dan melakukan aktivitas lainnya. Demikianlah informasi langkah penjagaan persendian yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment