Sunday, February 10, 2019

Sering Kencing di Tengah Malam Inilah Penyebabnya


Masalah gangguan tidur yang pernah dialami oleh banyak orang ialah bangun di tengah malam. Tetapi jika hal tersebut sering dialami mungkin menjadi pertanda adanya masalah kesehatan.

Kaitan antara Kesehatan dan gangguan tidur, ada banyak macamnya seperti insomnia, gelisah sepanjang malam atau sering bermimpi buruk dan sering bangun tengah malam untuk kencing.


Harus diketahui walaupun kencing adalah aktivitas normal tubuh, tetapi sering bangun yang di sebabkan oleh keinginan untuk buang air kecil tidaklah normal. kemungkinan ada beberapa gangguan pada tubuh yang membuat sering berkemih. 

Inilah beberapa penyebab seringnya bangun ditengah malam, antaralain:

  • Terlalu lelah

Ketika banyak melakukan aktivitas seharian biasanya ingin langsung merebahkan punggung ke kasur untuk mengganti energi yang terkuras. Tetapi ada juga rasa lelah yang justru membuat terjaga dari tidur. Sebenarnya terdapat perbedaan yang cukup segnifikan antara mengantuk dan lelah.

Saat lelah, tubuh meresponnya dengan apa lelah karena stres atau aktivitas fisik.Intinya keinginan merebahkan punggung di tempat tidur tidak sama dengan keinginan untuk tertidur.

  • Kebiasaan mendengkur

Kebiasaan ini lebih banyak terjadi pada laki-laki dan mereka yang memiliki kelebihan berat badan. Mendengkur tidak hanya mengganggu orang yang ada di sekitar kita, juga bisa merusak kualitas tidur karena menyebabkan sering bangun di tengah malam.

  • Terlalu banyak minum air

Minum terlalu banyak menjadi penyebab sering bangun di tengah malam untuk kencing.Oleh karena itu, saat akan tidur sebaiknya hanya minum 1-2 gelas saja. Air yang diminum ini digunakan untuk mencegah terjadinya dehidrasi saat tidur. Apabila minum air lebih dari itu, akan sering terbangun tengah malam untuk berkemih.

  • Minum kopi dan alkohol terlalu banyak

Terlalu banyak mengonsumsi kopi dan alkohol akan mudah sekali beser. Kopi memiliki sifat diuretik atau memicu kandung kemih untuk mengeluarkan urine dalam jumlah banyak dan memicu rasa nyeri yang cukup kuat. Ketika rasa nyeri tidak tertahankan lagi, akan sering bangun di tengah malam secara rutin. Hal senada juga terjadi bila mengonsumsi alkohol terlalu banyak.

  • Adanya infeksi di saluran kemih

Hal ini dapat terjadi karena bakteri yang masuk ke dalam saluran kemih membuat kantong penampung urine jadi sensitif. Kondisi kantung kemih yang belum penuh memicu respon di otak untuk bangun untuk segera mengeluarkannya.Sementara itu, penyakit menular seksual yang menyebabkan infeksi di saluran kemih dan reproduksi akan memicu kandung kemih bergejolak. Dan akhirnya, saat tengah tertidur pulas, tubuh akan dipaksa bangun untuk mengeluarkan urine. Jenis penyakit yang membuat sering bangun lainnya adalah gonore dan klamidia.

  • Sedang dilanda stres

Stres yang dialami bisa berasal dari pekerjaan, hubungan percintaan, masalah ekonomi dan lain-lain. Kondisi inilah yang membuat tidur dalam kecemasan.

  • Mengalami diabetes atau prediabetes

Ketika didiagnosis mempunyai diabetes atau masih mengalami gejala, tubuh akan berusaha membuang gula darah yang terlalu banyak dengan cepat. Salah satu cara untuk membuang gula darah yang terlalu besar tersebut dengan menghasilkan urine yang banyak. Itulah kenapa sering bangun tengah malam akan sering dialami apabila memiliki diabetes.

  • Kekurangan hormon antidiuretik

Umumnya tubuh mempunyai hormon yang dapt mencegah untuk berkemih terlalu sering. Namun, hormon itu akan mengalami penurunan secara signifikan seiring dengan berjalannya waktu atau usia di atas 40 tahun.

  • Mengalami kelainan ritme sirkadian

Ritme sirkadian (jam internal tubuh) merupakan bawaan biologis tubuh manusia dalam mengatur siklusnya selama 24 jam. Ritme sirkardian inilah yang menentukan kapan tertidur dan terbangun.
Mereka yang berisiko mengalami gangguan ritme sirkardian adalah seseorang yang dalam pengaruh obat-obatan, bepergian melintasi antar zona waktu, bekerja dengan sistem shiftatau mengalami gangguan mental.

  • Ada masalah pada ovarium atau prostat

Kondisi ini juga sering disertai dengan rasa sakit yang cukup besar khususnya di perut bagian bawah, biasanya berlanjut setiap berkemih.Pada pria, gangguan pada prostat juga menyebabkan seseorang sering bangun tengah malam dan akhirnya berkemih. Kondisi ini bisa muncul berkali-kali dan sering menyebabkan nyeri juga di bawah perut. Jika sering mengalami ini lebih baik segera memeriksakan diri ke dokter.

Informasi lainnya mengenai kesehatan klik disini.

Dari tanda-tanda di atas apabila ada yang sering dialami, termasuk masalah seringnya bangun tengah malam karena kencing yang sudah sangat menganggu segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

No comments:

Post a Comment