Thursday, February 7, 2019

Membuat Susu Evaporated Di Rumah

Susu evaporated termasuk pada produk susu kalengan yang berbahan dasar susu segar. Namun susu segar yang digunakan akan dikurangi kadar airnya. Adapun susu jenis ini biasa dikenal dengan sebutan susu kental tanpa gula. Ingin tahu bagaimana langkah pembuatannya? Simak selengkapnya berikut ini.

Langkah Pembuatan Susu Evaporated




Pada proses pembuatan susu evaporated yaitu dimulai dengan menguapkan kandungan air hingga 60%. Susu yang telah melalui penguapan ini tidak mengalami penyusutan kandungan nutrisi. Telah diketahui bahwa kandungan protein dan lemak dalam susu evaporated ini tetap bisa dicerna dengan baik oleh tubuh. Kandungan kalsium, fosfor, dan juga senyawa alami lainnya dalam susu ini sama seperti pada susu segar.

Kandungan Nutrisi Pada Susu Evaporated


Setiap 100ml susu evaporated, didalamnya terdapat kandungan nutrisi sebagai berikut:
  • 74 gram air
  • 134 kalori
  • 10 gram karbohidrat
  • 7,5 gram lemak
  • 6,8 gram protein

Adapun mineral yang ada pada susu evaporated di antaranya zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan zinc. Ada pula di sejumlah produk susu evaporated yang sudah difortifikasi (diperkaya) dengan vitamin C, tiamin, niacin, riboflavin, folat, vitamin B-12, vitamin B-6, dan vitamin A. Diketahui bahwa setengah cangkir susu evaporated bisa memenuhi sekitar 30% kebutuhan kalsium harian.

Untuk Anda yang mempunyai intoleransi laktosa, susu evaporated dapat menjadi salah satu alternatif susu yang baik. Ini karena proses pemanasan pada susu jenis ini bisa juga memecah laktosa sehingga susu menjadi lebih mudah dicerna.

Langkah Membuat Susu Evaporated


Pada dasarnya susu evaporated sering digunakan untuk membuat makanan atau minuman yang bertekstur lembut, hal ini karena kandungan lemak didalamnya lebih rendah dari pada krim. Sejumlah hidangan yang biasanya memakai bahan susu evaporated ialah pasta, puding, dan sup. Selain itu susu evaporated juga bisa digunakan sebagai campuran teh dan kopi.

Pada masa ini, telah banyak tersedia susu evaporated siap pakai. Akan tetapi, Anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Adapun langkah-langkahnya adalah seperti berikut:
  • Panaskan 2 cangkir (sekitar 500ml) susu cair dalam panci, dengan api sedang.
  • Biarkan mendidih sambil terus di aduk.
  • Setelah 10 menit, atau setelah volume susu berkurang setengahnya, matikan kompor dan selesai.

Selain menggunakan susu cair, Anda juga bisa menggunakan susu bubuk untuk membuat susu evaporated. Caranya juga sangat sederhana, yaitu dengan mencampurkan susu bubuk dengan air hingga mengental, seperti tekstur susu evaporated pada umumnya. Campuran ini bisa digunakan dalam memasak.

Untuk segi nutrisinya, kandungan gizi susu evaporated buatan ini akan bergantung pada susu cair atau susu bubuk yang digunakan. Pilihlah susu cair atau susu bubuk yang tidak mengandung tambahan gula dan perisa.

Susu evaporated mempunyai kandungan gizi yang tidak jauh berbeda dengan susu segar. Dengan begitu, susu evaporated bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian. Tidak hanya itu, susu ini juga bisa Anda gunakan untuk mengolah bernbagai hidangan bergizi untuk keluarga.

Untuk informasi kesehatan lainnya klik disini.

Demikianlah informasi membuat susu evaporated secara sederhana di rumah. Semoga pembahasan ini dapat bermanfaat bagi Anda.

No comments:

Post a Comment