Sunday, February 10, 2019

Inilah Cara Menghilangkan Plak Pada Gigi

Informasi Kesehatan Gigi - faniujangherbal.blogspot.com - Sudah menjadi informasi umum, bahwa plak gigi dapat menyebabkan berbagai kerusakan pad gigi dan gusi Anda. Tapi untungnya terdapat sejumlah cara yang bisa menghilangkan plak pada gigi yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan mulut.

Menghilangkan Plak Gigi



Plak gigi biasanya terlihat seperti lapisan licin dan tipis berwarna kuning atau putih yang berada di antara gigi dan sepanjang batas gusi pada gigi. Adapun plak gigi ini terbentuk akibat menempelnya berbagai macam bakteri di gigi, dan akan semakin terlihat saat gigi tidak disikat (tidak menggosok gigi).

Umumnya plak gigi terjadi saat kue, susu, permen, minuman ringan, atau makanan berkarbohidrat tertinggal di gigi. Lalu bekteri yang hidup dimulut mengeluarkan asam yang mampu menghancurkan enamel gigi (lapisan pelindung terluar gigi) dan mengakibatkan gigi berlubang.

Penyakit Akibat Plak Gigi


Apabila dibiarkan terus-menerus, plak bisa menyebabkan kerusakan pada gigi, gusi, bahkan tulang pendukung gigi, yaitu berupa:
  • Gigi berlubang atau membusuk. Jika tidak diobati, maka kerusakan bisa menyebar hingga pulpa (lapisan akar) di tengah gigi dan menyebabkan sakit gigi serta abses.
  • Kalkutus atau tartar. Yaitu lapisan plak yang mengeras seperti semen yang tiak bisa dihilangkan dengan sikat gigi.
  • Gingivitis. Yakni merupakan peradangan pada gusi yang membuat gusi menjadi merah, bengkak, dan terasa sakit.
  • Periodontitis. Yaitu infeksi pada gusi yang menyebar dan akan menyebabkan kerusakan tulang gigi di sekitar rahang. Hal ini terjadi apabila gingivitis semakin parah. Adapun penyakit ini bisa menyebabkan terbentuknya celah antara gigi dan gusi. Jika tidak diobati, gigi perlahan-lahan akan melepaskan diri dari gusi dan akhirnya copot.

Mencegah dan Menghilangkan Plak Gigi


Plak gigi akan membuat gigi terlihat berwarna kuning dan dapat menyebabkan penyakit. Selain itu, plak gigi juga bisa membuat senyum menjadi tidak indah untuk dilihat.

Berikut ini cara mencegah dan menghilangkan plak gigi, di antaranya:
  • Menyikat gigi. Cara terbaik untuk memerangi plak gigi adalah dengan rutin menyikat gigi, yaitu 2 kali sehari di pagi dan malam hari. Hal ini dapat membantu mencegah pembentukan plak dan menghancurkan setiap plak yang sudah mulai terbentuk. Bakteri penyebab plak akan terus berkembang, untuk itu, menyikat gigi harus dilakukan dengan teratur dan benar.
  • Menyikat gigi dengan sikat gigi berbulu lembut dan pasta gigi yang mengandung fluoride, selama dua menit. Kandungan flouride mampu melindungi gigi dengan cara mengikat enamel dan menciptakan permukaan yang lebih keras. Pastikan juga agar seluruh daerah mulut (gigi, lidah, gusi, bagian dalam pipi) tersikat dengan bersih.
  • Ganti sikat gigi setiap 3-4 bulan sekali
  • Diskusikan dengan dokter gigi Anda mengenai penggunaan mouthrinse atau obat kumur. Ini berbeda dengan mouthwash yang hanya berfungsi untuk menyegarkan napas. Beberapa jenis obat kumur bisa membuat rongga mulut kering dan justru bisa membantu perkembangan plak jenis tertentu.
  • Menghindari makanan dan minuman manis dan lengket seperti permen, kismis, camilan berlapis coklat, atau minuman bersoda.
  • Konsumsi makanan dengan takaran seimbang dan batasi camilan. Apabila ingin camilan, pilih yogurt murni (tanpa perasa dan pemanis tambahan), keju, buah, atau sayuran mentah. Adapun selain dapat menghilangkan sisa makanan, sayuran seperti saledri juga dapat membantu air liur menetralkan asam penyebab plak.
  • Anda juga bisa mengunjungi dokter untuk melakukan pemeriksaan dan membersihkan gigi setiap 6 bulan sekali.

Apabila gigi Anda tertutup oleh plak, jangan khawatir karena plak dapat dihilangkan. Doketr gigi bisa melakukan perawatan untuk membersihkan gigi dari plak gigi. Terbentuknya kembali plak pada gigi bisa dicegah dengan menjaga kebersihan mulut. Plak hilang, gigi sehat, tawa pun menjadi lebih lepas.

Sekian pembahasan mengenai cara mencegah dan menghilangkan plak pada gigi. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat bagi kesehatan gigi Anda dan keluarga.

No comments:

Post a Comment