Tuesday, February 12, 2019

Tips Menangani Bisul di Wajah

Kesehatan Wajah - Kembali lagi bersama kami di situs penyedia informasi kesehatan faniujangherbal.blogspot.com yang mana pada kesempatan kali ini kami akan berbagi pembahasan mengenai langkah penanganan bisul di wajah hingga tuntas. Simak selengkapnya berikut ini.


Ketika folikel rambut atau kelenjar minyak di wajah terinfeksi bakteri munculah bisul, yang ditandai dengan adanya benjolan merah pada kulit yang meradang dan berisi nanah.

Yang menyebabkan bisul di wajah adalah infeksi dari bakteri Staphylococcus aureus. Sebenarnya sebagian bisul dapat sembuh dengan sendirinya, Namun tetap perlu penanganan yang tepat agar bakteri penyebab bisul tidak menginfeksi jaringan kulit lebih dalam dan menyebabkan infeksi yang lebih parah.

Cara menangani bisul di wajah


  • Kompres dengan air hangat

Cara mudah dan aman untuk mengatasi bisul di wajah ialah mengompresnya dengan air hangat. Kompres bisul selama 10 – 20 menit, sebanyak 3-4 kali sehari.

Paparan suhu panas yang ditimbulkan akan meningkatkan peredaran darah di sekitar bisul. Hal tersebut akan mempermudah pengiriman sel darah putih ke daerah ini untuk melawan bakteri penyebab infeksi kulit.

  • Bersihkan dengan cairan antiseptik atau sabun antibakteri

Apabila bisul sudah pecah dan mengeluarkan nanah, cucilah hingga bersih dengan cairan antiseptik. Jika tidak ada, bisa menggunakan sabun antibakteri. Selanjutnya, keringkan dengan lembut dan berikan salep antibiotik sesuai anjuran dokter. Kemudian tutup dengan kain kasa steril atau plester khusus untuk menutup luka. Ganti secara berkala, guna mencegah penyebaran infeksi.
Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun hingga bersih, sebelum dan setelah memegang area bisul.

  • Pengobatan oleh dokter

Agar tidak menimbulkan infeksi lanjutan yang lebih parah pada wajah, sebaiknya berkonsultasilah dokter kulit. Dokter mungkin akan melakukan tindakan khusus untuk memecahkan bisul di wajah. Lalu dokter dapat meresepkan antibiotik untuk mengatasi infeksi. Dokter juga mungkin memberikan pengobatan tambahan untuk mengatasi peradangan dan meredakan nyeri yang dialami.

Jagalah kebersihan kulit wajah dengan baik untuk mencegah kembalinya bisul di wajah. Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit Anda, agar bisul di wajah tak lagi datang mengganggu.

No comments:

Post a Comment