Saturday, February 9, 2019

Tips Merawat Luka Tanpa Rasa Perih

Obat Penyembuh Luka - faniujangherbal.blogspot.com - Luka pada tubuh bisa terjadi pada siapa saja dengan berbagai sebab. Misalnya karena terjatuh, tergores benda tajam, atau kecelakaan. Walaupun luka yang timbul terlihat kecil dan sepele, akan tetapi bisa menimbulkan rasa perih yang dapat mengganggu gerakan dan aktivitas.


Tips Merawat Luka Tanpa Rasa Perih


Hal yang cukup mengganggu dari luka adalah rasa perih, yang bisa membatasi aktivitas sehari-hari. Rasa perih ini dirasakan terutama saat membersihkan dan merawat luka. Karena itulah, sangat penting untuk memahami cara merawat luka tanpa menimbulkan rasa perih apalagi pada anak-anak.

Penyebab Rasa Perih Pada Luka


Rasa perih yang dirasakan setiap orang bisa berbeda-beda, bergantung terhadap jenis luka dan penyebab luka tersebut. Pada dasarnya reaksi yang muncul pada luka merupakan reaksi alami tubuh melalui sistem saraf, sebab adanya rangsangan pada ujung-ujung serabut saraf di permukaan kulit.

Adapun rasa perih juga dapat disebabkan oleh peradangan pada jaringan di sekitar luka. Hal ini mengakibatkan rasa perih yang dirasakan bisa terasa parah meskipun luka tidak terlalu besar.

Terdapat faktor lain yang dapat menyebabkan luka bertambah perih ialah cara merawat luka yang tidak tepat. Dengan begitu, pengetahuan tentang penanganan luka yang tepat sangat diperlukan.

Cara Merawat Luka yang Tepat


Meski terlihat sepele dan sangat mudah untuk dilakukan, namun tidak semua orang mengerti cara menangani luka dengan benar. Penanganan yang salah dapat menyebabkan luka tidak sembuh secara sempurna, terus-menerus terasa perih dengan intensitas yang bahkan lebih berat dari sebelumnya, juga berisiko meninggalkan bekas luka di permukaan kulit.

Berikut ini adalah cara membantu melakukan perawatan luka tanpa menambah rasa perih yang dialami, inilah tips-tips nya:


  • Bersihkan luka

Cuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan luka. Ketika membersihkan luka Anda di anjurkan menggunakan cairan steril yang bersifat isotonis, seperti larutan saline (NaCl 0,9%), atau air steril (aqua bidest) yang dialirkan secara perlahan. Akan tetapi bila tidak memungkinkan, maka setidaknya gunakanlah air layak minum, seperti air minum dalam kemasan untuk membersihkan luka.

Langkah membersihkan luka selanjutnya yang disarankan yaitu menggunakan larutan antiseptik. Ini bertujuan untuk menghilangkan sebagian besar kotoran dan kuman yang menempel, agar tidak masuk ke dalam luka yang terbuka dan menyebabkan infeksi.

Salah satu pilihan larutan antiseptik yaitu yang mengandung polyhexamethylene biguanide (PHMB). Zat antiseptik PHMB diketahui tidak berwarna, tidak berbau, dan aman untuk mengatasi luka tanpa rasa perih. PHMB tersedia dalam berbagai bentuk, termasuk spray antiseptik yang pemakaiannya mudah dan praktis.


  • Kompres dengan es batu

Apabila area di sekitar luka mengalami memar dan bengkak, Anda bisa mengompresnya dengan es batu yang dibungkus kain atau handuk bersih. Es batu dapat membantu mengurangi memar sekaligus mengurangi rasa nyeri.


  • Mengonsumsi obat anti-nyeri

Dalam mengurangi rasa perih yang mengganggu, Anda bisa mengonsumsi obat antinyeri. Akan tetapi, sebaiknya konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi obat ini.

Jika luka yang Anda alami cukup parah, periksakanlah  ke dokter. Ikuti instruksi penanganan luka dari dokter dengan baik agar luka yang Anda alami pun bisa segera sembuh dan Anda bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Itulah informasi mengenai tips merawat luka tanpa rasa perih yang bisa Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment