Wednesday, August 21, 2019

Jangan Di Kupas! Kentang Bersama Kulitnya Memiliki Manfaat

Manfaat Kentang dan Kulitnya - Faniujangherbal.blogspot.com - Kentang dikenal dengan makanan sehatyang bisa menjadi salah satu pilihan pengganti nasi. Berbagai cara mengolah kentang bisa di goreng, kukus dan di rebus atau di campur dalam olahan masakan lainnya. Namun tahukah anda bahwa selain dagingnya, kulit kentang juga memiliki sejumlah manfaat lho!

Inilah Manfaat Kentang Beserta Kulitnya





Kulit kentang rendah kalori dan memberikan beberapa khasiat bagi kesehatan, berupa :

1. Baik untuk tulang


Kandungan mineral pada kentang yang penting untuk pemeliharaan struktur dan kekuatan tulang. Nutrisinya ialah kalium, tembaga, fosfor, kalsium, magnesium, besi dan seng. " Mengonsumsi kulit kentang bisa menjaga kepadatan tulang dan membantu mengurangi risiko osteoporosis pada wanita setelah menopause. Kalium pada kulit kentang juga memiliki efek menguntungkan pada sistem kerangka dengan mengurangi kehilangan kalsium dari tulang, yang mengarah pada peningkatan kepadatan mineral tulang," menurut para ahli di National Institutes of Health (NIH).

2. Mengatur tekanan darah


Magneium dalam kulit kentang membantu pembuluh darah rileks dan bertugas dalam pengangkutan ion kalsium dan kalium melintasi membran sel. Proses ini penting untuk menjaga ritme jantung normal dan mengatur tekanan darah. Pada Kaliumnya berfungsi untuk melemaskan dinding pembuluh darah (membantu menurunkan tekanan darah), juga digunakan untuk melakukan sinyal listrik di jantung untuk mengontrol detak jantung yang tidak teratur.

Di buktikan oleh Grup Hipertensi pada Juni 2015, ' Pengaruh kalsium diperlihatkan dalam ulasan yang menganalisis 3.048 peserta dari 16 percobaan dan menemukan bahwa peningkatan asupan kalsium menurunkan tekanan darah, bahkan pada orang dengan tingkat tekanan darah normal '.

3. Lancarkan pencernaan


Serat merupakan bagian selulosa dari makanan yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Hal ini menambahkan curah dan menyerap air untuk melunakkan tinja sehingga bisa melewati sistem pencernaan dengan lancar dan bisa mencegah sembelit. Berdasarkan The American Journal of Clinical Nutrition pada oktober 2015, ' Serat juga bisa meringankan divertikulitis, sindrom iritasi usus, wasir dan kondisi usus lainnya. Serat makanan juga ditemukan memiliki potensi untuk mengurangi risiko kanker usus besar '.

4. Anti-Alergi dan Dukung Kekebalan


Sumber alami flavonoid dari kulit kentang sejenis fitonutrien yang menunjukkan efek antiinflamasi dan antioksidan yang melindungi tubuh dari penyakit dan infeksi. Flavonoid yang ditemukan di kulit kentang ialah senyawa yang disebut quercetin, yang dikenal karena stimulasi sistem kekebalan tubuh dan telah terbukti memiliki sifat antivirus yang dapat menghambat pelepasan histamin.
Suatu studi tahun 2016 di Molecules mengungkapkan quercetin efektif untuk pengobatan asma bronkial, rinitis alergi, dan reaksi anafilaksis yang disebabkan oleh kacang. Para penulis melaporkan bahwa quercetin yang diekstraksi dari tumbuhan adalah bahan utama dalam banyak obat anti alergi yang potensial.

Nah, mulai sekarang tidak perlu lagi mengupas kulit kentang karena dalam kulit kentang terdapat khasiat yang bagus bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    ReplyDelete